DLH Siapkan Petugas Kebersihan Lembur Saat Nataru


hallobanua.com, BANJARMASIN - Volume sampah diprediksi bakal meningkat saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini. 

Hal itu membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyiagakan ribuan petugas kebersihan di Banjarmasin.

Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Banjarmasin, Marzuki mengatakan, setidaknya 1.000 lebih pasukan orange yang terdiri dari petugas taman, penyapu jalan maupun petugas pengangkut sampah, bakal lembur saat Natal dan Tahun Baru ini. 

"Mereka diberi uang lembur Rp100 ribu per orang. Langsung ditransfer ke rekening masing-masing," ucapnya Sabtu (17/12/22). 

Ia menjelaskan, seluruh petugas kebersihan bakal bertugas mengantisipasi peningkatan sampah yang dihasilkan saat momen tersebut. 

Para petugas kebersihan ujarnya akan bekerja lembur 2 hari, mulai tanggal 25 Desember saat Natal dan 1 Januari 2023 saat tahun baru. 

"Itu artinya, setiap petugas kebersihan akan menerima uang lembur masing-masing sebesar Rp200 ribu per orang," jelasnya. 

"Semestinya mereka itu libur karena tanggal merah. Tapi tetap harus turun karena hari besar keagamaan dan tahun baru. Jadi kita hargai," sambungnya. 

Ia pun memprediksi, peningkatan volume sampah yang terjadi pada saat Nataru bisa mencapai 5 sampai 15 ton, dan kebanyakan didominasi sampah rumah tangga. 

Sementara itu, Kepala DLH Banjarmasin, Alive Yoesfah Love menambahkan, pihaknya akan menempatkan beberapa petugas kebersihan di titik kumpul warga, terutama pada malam pergantian tahun. 

"Setiap titik keramaian kita tempatkan sekitar 10 petugas. Seperti di kawasan siring dan lainya yang jadi pusat keramaian. Karena sebelum pagi sudah harus bersih," bebernya . 

Terakhir, Alive pun ingin, pada momen tersebut, petugas kebersihan harus bekerja lebih ekstra. 

Hal itu untuk mengantisipasi membludaknya sampah dari hasil dari aktivitas masyarakat. 

"Seperti sampah sisa bungkus makanan dan minuman, petasan. Jadi harus kita antisipasi seperti tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya