Haul Agung Habib Basirih, Bakal Dihadiri Ribuan Jamaah


hallobanua.com, BANJARMASIN - Haul Agung Habib Hamid bin Abbas Bahasyim ke-76 bakal digelar pada Senin 12 Desember 2022 mendatang. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan oleh pihak panitia, mulai dari pengaturan lalulintas sampai ke penyediaan konsumsi. 


Ribuan jamaah bakal memadati peringatan wafatnya salah satu ulama tersohor di Kalimantan Selatan (Kalsel) itu. 


Ketua Panitia Pelaksana Haul ke-76 Habib Basirih, Habib Fathurrahman mengungkapkan, persiapan yang dilakukan dalam Haul Agung Habib Basirih sudah mencapai 80 persen. 


Ia mengungkapkan, acara haul tersebut digelar sebanyak 3 kali, pertama pada Kamis (08/12/22) malam sekaligus majelis rutinan di kediaman. 


"Kedua pada Sabtu (10/12/22) malam besok dan puncaknya di hari Senin (12/12/22) siang nanti," ujar Habib Fathurrahman, Jumat (09/12/22). 


Ada yang berbeda di acara haul agung¹¹q tahun ini. Karena haul di tahun ini parkiran jamaah difokuskan di daerah seberang, yakni sekitar kawasan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan. 


"Jadi jamaah yang hadir bisa memarkirkan motor maupun mobilnya di kawasan seberang. Kita menyediakan sekitar 10 kelotok dan dua buah kapal ferry yang digunakan untuk menyeberangkan para jamaah, "bebernya. 


Hal itu dilakukan untuk mempermudah para jamaah yang datang agar tidak terlalu jauh berjalan kaki. 


Selain itu wilayah di sekitar Kubah Basirih juga bisa dipakai untuk menampung ribuan jamaah yang datang. 


"Segala persiapan ini dilakukan dengan memakai dana pribadi dan sumbangan dari para donatur. Karena kita tidak memungkiri kalau banyak masyarakat yang sangat ingin membantu pelaksanaan haul ke-76 tahun ini," pungkasnya. 


Penceramah yang nantinya mengisi acara saat puncak pelaksanaan haul nanti adalah Habib Abu Bakar Mauladdawilah dari Malang, Jawa Timur.

Juriyat Habib Basirih itu pun mengimbau agar para jamaah yang datang nanti agar tetap mengikuti arahan dari para panitia yang bertugas di lapangan. 


"Semua kegiatan haul ini terbuka untuk umum. Jadi dimohon bagi masyarakat yang hadir untuk mengikuti apa yang diarahkan oleh petugas demi kelancaran dan keamanan kegiatan," pungkasnya. 


Penulis : rian akhmad/ may

Kota bjm

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya