Kemenkumham Kalsel Musnahkan Puluhan Barang Sitaan dari Lapas


hallobanua.com, BANJARMASIN – Siap siaga menghadapi Natal dan Tahun Baru, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar Apel Siaga pada Jumat (23/12/22) tadi malam. 


Tak hanya apel, pihaknya juga melakukan pemusnahan barang sitaan yang diamankan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Teluk Dalam, Banjarmasin. 


Kegiatan langsung dipimpin Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi. 


Lilik mengatakan, Apel Siaga dilaksanakan dalam rangka kesiapan Nataru dan tugas-tugas pemasyarakatan, terutama unit pelaksana teknis Lapas dan Rumah Tahanan (Rutan). 


”Dalam kegiatan Apel Siaga ini, kita melakukan evaluasi dari pengamanan tahun kemaren untuk mematangkan kesiap siagaan dari kebahayaan dan gangguan keamanan saat ini agar dideteksi lebih dini,” ungkapnya usai kegiatan apel. 


Para petugas ujarnya ditekankan untuk melakukan intensitas pengawasan, pemantauan, pelaporan, evaluasi serta tindak lanjutnya. 



Sementara itu, Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II A Banjarmasin, Herliadi menuturkan, kegiatan Apel Siaga diikuti Lapas dan Rutan se-Kalsel secara daring melalui zoom meeting. 


”Agar kita semua dapat menyamakan persepsi diantara seluruh petugas Lapas dan Rutan yang ada di Kalsel,” ujarnya. 


Terkait barang siataan, menurut Herliadi, yang dimusnahkan bukan hanya dari Lapas Kelas IIA Banjarmasin saja, tetapi juga dari Lapas lain. 


”Ada beberapa Lapas lain di Kalsel yang membawa barang sitaan mereka untuk dimusnahkan bersama-sama malam ini,” bebernya.. 


Setidaknya, pihaknya memusnahkan 45 buah handphone hasil razia dan 21 buah diantaranya merupakan hasil sitaan di Lapas Kelas IIA Banjarmasin. 


Penulis : rian akhmad/ may

Kalsel

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya