Lebih Longgar, Ribuan Jemaat Bakal Hadir Misa Natal 2022

hallobanua.com, BANJARMASIN - Misa Natal akan mulai dilaksanakan pada Sabtu (24/12/2022) sore ini, di Gereja Katedral Banjarmasin. Setidaknya, ribuan jemaat bakal memenuhi gereja yang berada di tengah Kota Banjarmasin itu. 

Hal itu pun disambut baik MSF Pastor Paroki Katedral Banjarmasin, Ignasius Tari lantaran telah terjadi pelonggaran oleh pemerintah dibanding tahun lalu. 

Ia memperkirakan, akan ada lebih dari 1300 jemaat yang mengikuti Misa nanti. Lantas, pihaknya pun akan dibagi kegiatan Misa Natal menjadi dua sesi yakni pada pukul 17.00 Wita dan pukul 20.00 Wita. 

"Dari jumlah kursi yang kita siapkan itu 1300 lebih. Saat pandemi lalu jemaat dibatasi dengan protokol yang ketat," ungkapnya Sabtu (24/12/22). 

"Tapi sekarang di pelataran gereja, tempat memarkirkan motor juga kami gunakan untuk tempat beribadah," paparnya lagi. 

Untuk tema Natal tahun ini ujarnya adalah 'Maka pulanglah mereka ke negerinya lewat jalan lain'. Filosofinya adalah di tengah segala kesulitan yang ada, Tuhan selalu menunjukkan jalan yang bisa dilalui umat. 

"Harapan kita untuk semuanya di Natal tahun ini, semoga kita makin sadar bahwa kebaikan itu tidak bisa dicapai dengan sendiri. Mesti berjalan bersama-sama, bekerja sama dengan semua orang demi tujuan yang baik," bebernya. 

Dirinya mengumpamakan harapan tersebut dengan pandemi Covid 19 yang sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat di seluruh dunia dari berbagai sisi. 

Namun berkat kerjasama semua orang yang saling bahu membahu menghadapi pandemi ini, perlahan angka Covid 19 mulai melandai dan perayaan natal berangsur normal kembali. 

"Selain berjalan bersama sesama manusia, tapi kita juga berjalan bersama sesama makhluk Tuhan, itu yang gereja sebut sebagai Kesadaran ekologis," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya