Soal Pohon di Banjarmasin Diasuransikan, Ini Kata Pengamat Lingkungan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Rencana Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin mengasuransikan pohon-pohon yang ada di bawah pengelolaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin ditanggapi positif oleh pengamat lingkungan di kota ini. 

Mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Banjarmasin, Hamdi mengakui jika upaya mengasuransikan pohon oleh DLH Banjarmasin itu akan sangat membantu pemko maupun warga dalam menjaga keamanan lingkungan. 

Akan tetapi kata dia, kebijakan itu tentu menurutnya perlu kajian yang lebih mendalam lagi. Apalagi dana APBD akan digunakan dalam pelaksanaannya. 

"Yang paling penting adalah bagaimana merawat pohon-pohon yang sekarang masih ada. Tidak usah ujug-ujug ingin mengasuransikannya," ujarnya belum lama tadi. 

Tak hanya itu, menurutnya dengan memaksimalkan perwatan pohon-pohon yang ada, maka kemungkinan-kemungkinan buruk bisa diantisipasi sejak dini. 

"Saya pribadi melihat selama ini perawatan pohon di Banjarmasin masih sangat kurang, bahkan upaya penanaman pohon atau regenerasinya pun juga sangat kurang," jelasnya. 

Menuruntnya, Pemko dinilainya lebih cenderung memprioritaskan taman-taman untuk mempercantik tataan kota. Sedangkan aspek keteduhan sangat kurang. 

"Oleh karena itu saya pikir penanaman pohon di Banjarmasin ini mesti harus ditingkatkan lagi agar kota Banjarmasin bisa lebih hijau dan teduh," pungkasnya. 

Ia pun memberi saran, untuk melaksanakan hal itu, Pemko tidak perlu harus menggunakan dana APBD. 

"Tapi cukup menggandeng pihak ketiga seperti BUMN, BUMD dan pihak swasta,"tuntasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya