Telah Rampung, Operasional Jembatan Sulawesi 2 Tunggu Pematangan Beton


hallobanua.com, BANJARMASIN – Pengerjaan proyek Jembatan Sulawesi 2 di Jalan Masjid Jami Banjarmasin akhirnya rampung. 

Sebelumnya diketahui, jembatan yang menghubungkan Kelurahan Pasar Lama dan Kelurahan Sungai Jingah itu ditarget selesai akhir Desember ini. 

Dari pantauan, kondisi terbaru jembatan tersebut sudah diaspal menyeluruh dan sudah dicat berwana biru kuning pada badan jembatan. 

Selesainya pengerjaan jembatan itu, turut dibenarkan Kabid Jembatan dan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Dedy Hamdhani. 

Namun, menurutnya saat ini masih tinggal pembersihan area dari sisa-sisa bahan pembangunan. 

“Alhamdulillah sudah rampung. Selain pembersihan area kita juga perlu lakukan pematangan beton pada jembatan,” ungkapnya Selasa (27/12/22). 

Tak hanya itu, proses pematangan beton sendiri menurutnya memerlukan waktu sesuai standar pembangunan yakni selama 28 hari. 

Oleh sebab itu, rencana pengoperasionalan sekaligus peresmian pada jembatan kembar itu akan dilakukan tahun 2023 mendatang di bulan Februari. 

“Sebelum itu akan kita dilakukan uji kelayakan yang akan dilintasi kendaraan bermotor dulu,” jelasnya. 

Dedy pun menghimbau, agar masyarakat  tidak berjualan di area oprit maupun badan jembatan karena hal tersebut dapat menimbulkan kekumuhan pada area jembatan. 

Pihaknya juga mengklaim sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin untuk membuat taman diarea jembatan untuk mempercantik di kawasan itu. 

“Ya kami serahkan pengelolaannya kepada Kelurahan kalau misalnya ingin ada stand UMKM di sana tapi harus ditata agar tidak kumuh,” tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya