Sosialisasi LPPD, Cara Pemko Banjarmasin Dokumentasi dan Pelaporan Kegiatan Pemerintah Setahun

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Bagian Pemerintahan Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin menggelar acara sosialisasi penyusunan laporan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) selama 1 (satu) tahun anggaran, di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin, Senin (16/01/23). 

Tak hanya itu, pihaknya juga turut memberi Laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) dan Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) di Pemerintah Kota Banjarmasin tahun anggaran 2022. 

Menurut Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, hal itu dilaksanakan dalam rangka Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD)  tahun 2023. 

Ia bilang, LPPD merupakan raport Kepala Daerah yang dinilai oleh Pemerintah Pusat. Dimana, didalamnya memuat capaian kinerja pemerintah daerah selama satu tahun terakhir. 

"Hari ini mensosialisasikan terkait dengan LPPD laporan pertanggung jawaban pihak pemerintahan kepada pemerintah pusat kita sampaikan LPPD, kemudian kepada DPRD nanti disampaikan juga. Kemudian kepada masyarakat dalam bentuk ringkasan," kata H Ibnu Sina. 

Menurut Ibnu, ini penting untuk memastikan bahwa apa yang kita kerjakan di tahun 2022 itu terdokumentasikan dengan baik. 

"Kemudian terlaporkan dan itu bisa di cek kembali, diperiksa serta itupun ada nilainya," katanya. 

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan, Setdako Banjarmasin, Ryan Utama menyampaikan tujuan diselenggarakannya sosialisasi tersebut yaitu untuk memberikan pemahaman kepada seluruh penyusun LPPD di Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), tentang penyusunan LPPD dalam rangka proses pengumpulan dan analisis data secara sistematis terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan menggunakan sistem pengukuran kinerja. 

"Harapannya dengan diselenggarakannya sosialisasi ini dapat menyampaikan laporan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 semoga kinerja kita tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya