Terus Berkembang, Muaythai Mulai Masuk ke Sekolah di Kota Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Cabang olahraga Muaythai melalui club Canost Fighter Muaythai (CFM) terus berkembang pesat di Kota Banjarmasin. 

Setelah sebelumnya sukses menggelar pertandingan eksibisi pertama se Kalsel dan meraih prestasi baik di Daerah maupun Nasional. Kini Muaythai Banjarmasin berencana masuk sebagai ekskul di sekolah sekolah. 

Seperti yang terlihat di Surgi Mufti Kecamatan Banjarmasin Utara tepatnya di SMP Islam Al Mumtaza, pada Selasa (3/1/2023) sore.  Berdasarkan pantauan, sudah terlihat ada puluhan siswa/siswi yang antusias mengikuti cabor tersebut. 

Pelatih Muaythai Banjarmasin, Fajrin Husnu mengatakan ekskul Muaythai di SMP Islam Al Mumtaza adalah yang pertama di Kota Seribu Sungai tersebut. 

"Kita juga berencana akan membuka ekstrakulikuler di sekolah sekolah lainnya dan kebetulan yang pertama kita mulai dari sini," ujarnya. 

Fajrin menjelaskan ini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan serta memasyarakatkan beladiri muaythai secara luas dan menambah pilihan atlet remaja di Banjarmasin. 

"Selain itu juga untuk mengajak para siswa agar gemar berolahraga serta menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi angka kenakalan dan kriminalitas remaja," terangnya.    

Cabang olahraga yang dibawah binaan Ketua MI Banjarmasin, H Aftahuddin tersebut diketahui sudah berjalan selama 4 tahun sejak 2018 di Kota Banjarmasin. 

Ia mengungkapkan rencananya kedepan CFM akan menggelar kembali pertandingan  eksibisi dengan jangka diperkirakan waktu 6 bulan sekali. 

"Dengan begitu para atlet tidak akan kekurangan pertandingan dan jam terbang agar mereka terbiasa, terutama untuk para atlet remaja," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Muaythai adalah seni beladiri dari Thailand yang cukup berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini.

Muay thai sendiri dikenal sebagai seni delapan tungkai atau ilmu delapan tungkai karena sangat sering menggunakan anggota tubuh sebagai senjata utama, seperti tangan, kaki, sikut, dan lutut. 

Beladiri ini cukup menguras fisik sehingga beberapa orang tidak hanya mempelajarinya untuk mempertahankan diri,  tapi bisa juga untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan serta membentuk tubuh lebih ideal. 

Kris/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya