Wujudkan Kondusifitas Pemilu, Pemko & FKUB Banjarmasin Ikut Serta Webinar

 

hallobanua.com, BANJARMASIN - Guna mendukung dan menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang, Pemerintah pusat menggelar webinar tentang pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar, juga diikuti Sekertaris Daerah (Sekda) Banjarmasin, Ikhsan Budiman, di Banjarmasin Command Center, Balai Kota Banjarmasin, Senin (09/01/23). 

Dalam kesempatan itu, Ikhsan mengatakan, tujuan webinar tersebut dalam rangka antisipasi terhadap kerawanan konflik, menjelang kegiatan Pemilu Legislatif (Pileg) maupun Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan di masing-masing daerah. 

"Tentu antisipasi Ini adalah baik itu terhadap kerawanan konflik antar masyarakat,"ucap Ikhsan, Senin (09/01/23). 

Tak hanya itu, penyebaran hoax yang diprediksi akan meningkat juga menjadi atensi dalam webinar itu 

"Seiring dengan penyelenggaraan kegiatan politik di daerah seperti halnya Pilkada pada tahun sebelumnya banyak beredar mengenai hoax," katanya. 

Sementara itu, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Bahtiar dalam webinar menuturkan, hal demikian perlu diantisipasi sejak dini. 

Melalui webinar tersebut , pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kondusifitas. 

Selain itu, menurutnya FKUB memiliki peran strategis dalam mengelola keberagaman dan merawat kerukunan di Indonesia juga turut aktif menjaga kondusifitas suasana menjelang Pemilu serentak mendatang. 

"Untuk potensi-potensi kerawanan ini, kita harus liat sebagai tantangan dan harus kita atasi bersama, karena masalah ini bukan saja berasal dari eksternal, melainkan internal," katanya. 

"Dan tentunya ada saja masalah yang tidak bisa diatasi oleh pihak Bawaslu dan KPU. Maka dari itu, bahwa membangun pemilu yang baik, berkualitas dari sisi proses maupun hasil, tentu dibutuhkan ekosistem yang baik," pungkas Bahtiar. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya