Gatriwara Kota Banjarmasin Edukasi Bahaya Kanker Servick dan Payudara

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Gabungan istri wakil rakyat (Gatriwara) Kota Banjarmasin menggandeng Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Banjarmasin, memberikan eduka bahaya kanker servick dan kanker payudara bagi wanita. 

Edukasi dihadiri oleh Istri Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Ibu Nelly Listriyani, istri Sekwan Kota Banjarmasin Ibu Rita Mahanani dan istri anggota dewan lainnya. 

dr. Sintia Damayanti menjadi narasumber menjelaskan tentang bahayanya kanker servick dan payudara. 

Ia mengatakan resiko fatal jika wanita takut dan keterlambatan memeriksakan diri baik melalui Iva test atau pemeriksaan payudara mengingat kanker ini sangat rawan pada wanita. 

"Kanker ini menjadi pembunuh nomor 2 di Indonesia dan nomor 4 di dunia. Setiap hari rata-rata sekitar 56 wanita meninggal dan 89 wanita dipapar kanker servick ataupun kanker payudara," katanya. 

Ia berharap, dengan penjelasan tersebut dapat membuang ketakutan wanita untuk memeriksaan diri sedini mungkin. 

"Upayanya kita segera melakukan pemeriksaan sehingga ketika ada gelaja langsung ditangani. jangan sampai setelah parah atau stadium akhir baru mau berobat, itu sangat terlambat," harapnya. 

Dia mengingatkan gejala kanker terutama kanker servick sulit dideteksi kecuali dengan pemeriksaan paps smear atau iva test.  

Dengan edukasi ini, Ibu Nelly Listriyani merasa rermotivasi dan membuka pikiran untuk memberanikan diri terhadap pencegahan kanker. 

"Edukasi kanker ini memberikan pencerahan bagi kami untuk berani memeriksaan diri mengingat resikonya yang fatal," katanya. 

Senada juga diungkapkan Rita Mahanani bahwa penyakit kanker ini merupakan penyakit pembunuh utama bagi wanita, sehingga dia menghendaki jika ada teman atau kerabat yang mungkin terdeteksi kanker jangan sungkan untuk melaporkan atau memeriksakan diri sehingga jikapun perlu pendampingan bisa cepat terobati. 

"Kita pun akan mendukung YAI dan bagi pasien-pasien penderita kanker agar semangat berobat dan jangan hanya berdiam diri karena malu, ayo kita segera periksa untuk pencegahan sedini mungkin," tutupnya. 

Dya/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya