Haul Muallim Syukur, Berjalan Lancar, Pemko Banjarmasin Sebut Salah Satu Kearifan Lokal


hallobanua.com, BANJARMASIN - Puncak Haul Agung Muallim H. Abdul Syukur ke-34, pada Minggu. (19/02/23) ini, dipadati jemaah baik dalam sampai luar Kalimantan Selatan (Kalsel). Sekitar pukul 10.30 Wita, peringatan haul usai, dan jemaah pun satu persatu mulai meninggalkan ruang induk Mesjid Jami Teluk Tiram Banjarmasin. 

"Alhamdulillah berjalan lancar kegiatan ini,  apalagi banyaknya dukungan dari masyarakat serta pemerintah," ungkap Ketua Pelaksana Haul, Aidil Fitri usai kegiatan. 

Diawali dengan maulid habsyi, pembacaan manaqib, dzikir nasyid, doa haul dan doa selamat, para jamaah yang diprediksi puluhan ribu itu mengikuti kegiatan dengan khusyuk. 

"Tadi manaqib dibacakan anak beliau yang kedua langsung, yakni Tuan Guru Abdurrahman Syukur. Karena memang asbahnya membaca menaqib ini adalah juriyat sendiri," katanya.


Ia pun mehaturkan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. 

Dukungan pun rupanya disampaikan juga oleh Pemko Banjarmasin. Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dr Machli Riyadi menyampaikan dukungan dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu. 

Menurut Machli merupakan sebuah kearifan lokal di Kota Seribu Sungai ini. 

"Tentunya hari ini luar biasa. Ini sebuah kearifan lokal yang tentu kita dukung dan lestarikan. Murid-murid beliau memperingati haul ke 34 ini, bersama masyarakat yang kalau tidak salah tadi hampir 10 ribu jamaah," ungkap Machli. 

Tak hanya itu, menurutnya ini sebagai bentuk kecintaan terhadap suri tauladan para ulama dan guru besar di Kalsel. 

"Tentunya bisa meneladani apa yang beliau ajarkan dan segala yang disampaikan beliau bisa di implementasikan dikehidupan sehari-hari," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya