Menengok Upaya Pemkab Tanbu Wujudkan Satu Mesjid Tiap Desa

hallobanua.com, TANAH BUMBU – Pemkab Tanah Bumbu terus berupaya mewujudkan program satu desa satu masjid (SDSM). Upaya ini, dilakukan guna memakmurkan tempat ibadah dengan sejumlah kegiatan pendidikan keagamaan didalamnya. 

Seluruh kepala dinas maupun camat diinstruksikan Bupati Tanbu, Abah dr HM Zairullah Azhar untuk melakukan monitoring pelaksanaan SDSM. 

Salah satu monitoring terbaru yakni, dilakukan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Tanbu dengan melakukan silaturahmi sekaligus monitoring ke Desa Tri Martani Kecamatan Sungai Loban, belum lama tadi. 

Masjid Al-Azhar menjadi tempat dilaksanakannya program unggulan pemerintah daerah yang bertujuan untuk memakmurkan tempat ibadah dengan kegiatan pendidikan keagamaan didalamnya. 

Kepala DiskominfoSP Tanbu, Ardiansyah diwakili Sekretarisnya Amad Subari mengatakan, tujuan kedatangannya bersama rombongan dalam rangka melaksanakan amanat Bupati Abah HM Zairullah azhar yaitu bersilaturahmi dengan warga Desa Tri Martani sekaligus monitoring penerapan program SDSM. 

Dikatakan Subari, Bupati berpesan agar masjid di Tanah Bumbu ramai dan makmur dengan kegiatan keagamaan didalamnya seperti pembelajaran agama diberikan sejak dini yang menyasar pada tumbuh kembang anak. 

Subari menjelaskan, pertumbuhan anak yang dibarengi pendidikan agama ini akan melahirkan sumber daya manusia yang religius, cerdas, dan berakhlak mulia yang diharapkan anak-anak tersebut nantinya menjadi generasi penerus pembangunan Tanah Bumbu kedepannya. 

Sementara itu, Sekretaris Desa Tri Martani, Ar-Rahman mengatakan, penerapan program SDSM didesanya terlaksana dengan baik. 

“Pemerintah desa bersama warga sangat mendukung kegiatan yang baik ini. Salah satu bentuk dukungan pemerintah desa yaitu dengan menyediakan sarana pendukung kegiatan pendidikan keagamaan tersebut,” kata Sekdes. 

Ustaz Makruf selaku guru ngaji menambahkan bahwa pembelajaran di Masjid Al-Azhar terbagi menjadi dua sistem, yakni kegiatan TPA mulai pukul 14.30 sampai 16.00 wita, dan dilanjutkan malam hari dengan pembelajaran Al-Quran dan ilmu fiqih. Anak-anak ada pula yang bermalam di Masjid. 

“Sebanyak 44 anak yang belajar pendidikan agama di Masjid Al-Azhar ini,” kata Ustaz Makruf. 

Saat melakukan monitoring, DiskominfoSP juga memberikan bantuan sarana pendukung kegiatan SDSM berupa Al-Quran dan buku bacaan keagamaan kisah-kisah teladan para nabi dan rasul.

ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya