Resmi! Aset Mitra Plaza Diserahkan ke Pemko Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya bangunan Mitra Plaza milik PT Kharisma Inti Mitra (PT KIM) secara resmi diserahkan kepada Pemerintah Kota Banjarmasin. 

Penyerahan kepemilikan bangunan tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina dengan Pimpinan PT KIM, di Kampus Wisdom, Jalan Komplek Smanda, Kelurahan Sungai Lulut, Kota Banjarmasin pada Jumat (31/03/23). 

"Ini yang paling monumental, bahwa aset ini kemudian jadi milik pemko dan sudah diserahkan. Makanya ada berita acara untuk penyerahan aset itu," ungkap Ibnu Sina usai kegiatan. 

Ibnu bilang, nota kesepakatan yang ditandatangani itu merupakan sebagai titik temu dan kejelasan hukum terkait persoalan tata kelola aset lahan dan bangunan mitra plaza, yang cukup lama berporses. 

Kemudian ujarnya, ada kerjasama kembali dengan PT KIM untuk jangka waktu 30 tahun. 

"Sesuai syarat dan ketentuan yang sudah disepakati dalam akta perjanjian. Alhamdulillah bisa kita selesaikan dengan sebaik-baiknya," ujarnya. 

Lantas, Ibnu pun berharap ini menjadi contoh penyelesaian aset-aset pemko yang dikerjasamakan dengan pihak lain. 

"Mudah-mudahan ini sepenuhnya untuk pemanfaatan masyarakat dan untuk kemaslahatan pemko Banjarmasin," ujarnya. 

Setidaknya ada 2 kesepakatan yang didapat, yaitu MOU aset mitra plaza yang sebelumnya dikelola pihak ketiga yakni PT KIM, kini resmi berpindah tangan ke Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin. 

Kemudian terkait untuk pengelolaannya, kembali dipegang oleh PT KIM dengan catatan akan ada evaluasi berkala termasuk retribusi tahunan. 

Nantinya dalam perjanjian itu ujar Ibnu ada ketentuan yang diberlakukan. Seperti evaluasi setiap 5 tahun sekali serta kontribusi tahunan. 

"Bisa kita evaluasi. Kalau tiap tahun itu kontribusinya Rp300 juta pertahun. Kemudian pembagian keuntungan 3 sampai 7 persen," pungkasnya. 

Rencananya, kawasan tersebut akan dibangun water front city atau konsep tata kota yang berhadapan langsung dengan tepian air, serta pembangunan mall pelayanan publik. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya