Ditarget Rampung Tahun Ini, Rumah Kemasan Masih Punya Beberapa Kendala

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pembangunan Rumah Kemasan di Kawasan Komplek Meranti Raya, Jl. Kayu Tangi No.1, Kelurahan Alalak Utara, Kec. Banjarmasin Utara, terus berproses.

Bahkan, menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdagin) Icrom Muftezar, rumah kemasan ditargetkan bakal rampung pada bulan Agustus 2023 ini.

Ichrom Muftezar bilang, dalam menawarkan subuah produk kemasan menjadi salah satu daya tarik pertama bagi pelanggan selain kualitas produk itu sendiri.

Oleh sebab itu, adanya Rumah Kemasan itu nantinya diperuntukan untuk memberikan pelatihan terhadap UMKM binaan Pemko Banjarmasin untuk pembuatan kemasan agar lebih menarik.

"Apabila kemasan produk tersebut bagus dan memiliki daya tarik tentunya menjadi nilai plus bagi para pembeli," ujar pria sering disapa Tezar itu.

Meski demikian, rupanya Disperdagin Kota Banjarmasin masih terkendala dengan peralatan yang nantinya akan diletakan di Rumah Kemasan tersebut.

"Sesuai dengan aturan dari Menteri Perindustrian, kita diprioritaskan menggunakan produk dari dalam negeri. Tapi memang cukup susah untuk kita mencari produk dalam negeri untuk kita gunakan di Rumah Kemasan ini," akunya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian, khususnya unit Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

"Kita akan mencoba berkoordinasi dengan Unit P3DN bagaimana mensiasati hal ini. Meski memang ada celah ada kemungkinan kita masih bisa membeli produk yang mungkin import murni atau yang ber Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) kurang dari 40 persen" pungkasnya.

Penulis : rian akhmad/rian
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya