Jaga Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2023, Sebanyak 450 Personel Gabungan Diturunkan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Menjelang hari raya Idul Fitri 2023 personel gabungan menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Intan 2023 di depan Pos Pelayanan Polresta Banjarmasin tepatnya di samping DutaMall pada Senin (17/04/23). 

Operasi tersebut ditujukan untuk melaksanakan pengamanan mudik lebaran 2023 di Banjarmasin tersebut melibatkan personel gabungan yang terdiri dari Jajaran Pemerintahan Kota Banjarmasin, Polresta Banjarmasin, Kodim 1007/Banjarmasin, Dishub, Satpol PP, Dinkes dan BPBD Banjarmasin. 

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menjelaskan, operasi ini merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik tahun ini yang mana diprediksi mencapai 45%.

"Ini adalah wujud kesiapan kita semua, sehingga kami ingin memastikan pemerintah hadir dan perjalanan arus mudik dapat berjalan dengan lancar," ujar Ibnu Sina. 

"Karena pak Presiden mengingatkan ada lonjakan hingga 45% pada arus mudik lebaran pasca pandemi ini, yang mana dari sebelumnya 86 juta menjadi 105 juta," sambungnya.

Ibnu bilang bahwa ada sebanyak 5 posko terdiri dari posko terpadu, pengamanan dan pelayanan yang telah dipersiapkan menjelang lebaran. 

"Pertama Posko induk di samping Dutamall, di pintu masuk KM 6, pintu masuk Kalimantan Tengah, Pelabuhan dan di Sabilal," terangnya. 

Sementara itu, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito mengungkapkan akan ada sebanyak 450 personel gabungan pada operasi ini. 

"450 personel diturunkan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam beribadah dan mudik pada lebaran tahun ini," bebernya. 

Kombes Pol Sabana Atmojo pun mengimbau bagi masyarakat yang ingin melaksanakan mudik agar dapat lebih memperhatikan keamanan barang barang yang ditinggal, mencek kembali listrik dan kompor serta mengunci rumah yang ditinggalkan. 

"Mari menjadi polisi bagi diri kita sendiri, kalau keluar segera lapor ke RT RW serta Polsek terdekat dan kalau perlu titipkan mobil atau motor ke Polsek terdekat," imbau Kapolresta Banjarmasin itu. 

Sabana juga berpesan dalam perjalanan mudik agar mengutamakan keamanan dan keselamatan serta patuhi peraturan lalu lintas yang ada. 

"Patuhi peraturan lalu lintas yang ada agar tercipta kamseltibcarlantas. Pakai sabuk pengaman, jangan main HP dan jika lelah segera beristirahat di pos pos yang disediakan," tuntasnya.

Penulis : kris/rian
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya