Penyaluran Zakat ASN di Pemko, Baznas Targetkan Rp12 Miliar

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina langsung salurkan zakat mal atau zakat harta melalui Baznas Kota Banjarmasin pada Senin (10/04/23) pagi di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin 

Menurut Ibnu Sina, zakat terserbut nantinya dapat diberikan kepada kelompok atau golongan masyarakat tertentu. 

Tak hanya itu, Pucuk Pimpinan Kota Baiman itu juga menghimbau seluruh ASN di lingkungan Pemko Banjarmasin  membayarkan zakat, infaq dan sedekah serta zakat profesi. 

"Beberapa waktu lalu, Pemko Banjarmasin sudah dikeluarkan surat edaran kepada seluruh ASN untuk membayarkan zakat, infaq dan sedekah ke Baznas. Termasuk zakat profesi," ucap Ibnu Sina Senin (10/04/23). 

Diketahui, berdasarkan ketentuan Majelis Ulama Indonesia (MUI), pembayaran zakat profesi merupakan potongan 2,5 persen dari penghasilan yang didapat oleh para ASN. 

Lantas, jika zakat profesi dibayarkan oleh seluruh ASN yang terdata ada sekitar tujuh ribu lebih itu, tentu nominal zakat yang dikumpulkan akan besar untuk dikelola oleh Baznas Kota Banjarmasin. 

"Diharapkan banyak manfaat yang diberikan melalui pengumpulan zakat profesi yang akan disalurkan," harap Ibnu. 

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Banjarmasin, Riduan Masykur mengatakan untuk pengumpulan zakat dari seluruh ASN di lingkungan Pemko Banjarmasin ditargetkan dikisaran Rp9 miliar sampai Rp12 miliar. 

"Target itu menurut hitungan dari BPKPAD (Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah)," ungkapnya. 

Besarnya target pengumpulan zakat tersebut, pihaknya pun berupaya mengoptimalkan pengelolaan zakat yang diperoleh untuk pemanfaatannya agar semakin banyak yang menerima. 

Adapun hingga saat ini, pengumpulan zakat yang dibayarkan oleh para ASN di lingkungan Pemko Banjarmasin baru 5 persen. 

Dalam kegiatan itu, Baznas Kota Banjarmasin juga memberikan sejumlah bantuan sebanyak 166 paket sembako kepada warga penerima manfaat seperti lansia dan penyandang disabilitas. 

Selain penyaluran zakat, Pemerintah Kota Banjarmasin juga menyerahkan bantuan dana hibah kepada sejumlah organisasi di bidang olahraga, kepemudaan, keagamaan, Pendidikan dan partai politik, yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Banjarmasin. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya