Alalak Dan Kelayan Jadi Fokus Penataan Kawasan Kumuh Disperkim Banjarmasin

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Penanganan kawasan kumuh di Banjarmasin terus dilakukan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Banjarmasin. 

Diketahui, Pemko Banjarmasin akan merealisasikan pengentasan kawasan kumuh, berdasarkan hasil revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tahun 2021. 

Namun, revisi pada tahun 2023 ini dikeluarkanlah SK Kumuh untuk wilayah Banjarmasin yakni seluas 508 Hektare. 

"Dari SK terbaru ini nantinya Pemko Banjarmasin akan bekerja sama dengan Perkim Provinsi dan Kementerian untuk menangani kawasan kumuh di Kota Banjarmasin," ucapnya Kadisperkim Banjarmasin, Chandra, beberapa waktu lalu. 

Ia mengatakan, dari 508 hektare kawasan kumuh yang ada di Banjarmasin sudah ada penanganan yang dilakukan dari kolaborasi tersebut. 

"Jadi dari kolaborasi itu ditahun sebelummya sudah bisa dikurangi kawasan kumuh sebanyak 65 hektare, lalu ditahun ini ada 55 hektare lagi yang akan kami benahi, sehingga untuk pembenahan ditahun selanjutnya tinggal masih 390 an hektare," bebernya. 

Fokus penataan yang akan dilakukan tahun ini kata dia akan dilakukan didaerah Alalak dan kelayan. Untuk anggaran nya sendiri Chandra membeberkan untuk penataan kawasan kumuh di Banjarmasin sebesar Rp 12 miliar. 

"Ini nanti tersebar hampir merata di seluruh kelurahan yang ada, tapi untuk tahun ini kita fokusnya akan di kawasan Alalak serta Kelayan, yang mana d tahun sebelumnya kita fokus di mantuil dan murung selong," katanya. 

Dalam progresnya penataan kawasan kumuh ini tinggal menunggu lelang dan ditargetkan akan rampung di bulan November tahun 2023 ini. 

Selain itu dijelaskannya juga tahun ini Banjarmasin mendapatkan bantuan langsung dari Kementrian Pusat dalam program Bedah Rumah tidak layak huni sebanyak 310 rumah. Dimana untuk program Rutilahu ini akan memakai dana pusat sebesar Rp 6 miliar. 

"Harapannya dengan diperbaiki insfratruktur di kawasan kumuh, bisa meningkat kualitas hidup masyarakat yang tinggal disana," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya