Parking Gate BPKPAD Banjarmasin Resmi Beroperasi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Banjarmasin resmi melaksanakan Kick Off Gate And System Parking atau Palang Parkir, Jumat (05/05/23). 

Kick off pun langsung dilakukan Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Kepala Badan BPKPAD Banjarmasin, Edy Wibowo di KCM Banjarmasin di Jl. Belitung Darat, Kelurahan Kuin Selatan, Banjarmasin Barat. 

"Pagi ini kita kick off, dimana sistem perparkiran kita sudah memasuki era digital," ungkap Ibnu Sina usai peresmian kick off, Jumat (05/05/23).

Ibnu bilang, keberadaan dan fungsi palang parkir tersebut menjadi langkah transparansi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perparkiran di Kota Seribu Sungai. 

"Selama ini mungkin banyak kecurigaan soal PAD sektor parkir. Tapi dengan adanya ini, semua bisa dipertanggungjawabkan dari BPKAPAD dengan real time," katanya. 

KCM Banjarmasin menjadi titik awal di tahun 2023 ini, nantinya akan ada 4 titik lain yang akan dipasang gate parking. 

Masing-masing di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Hasan Aman, Kawasan Parkir Cunghaicunghuy Jl Pangeran Samudra, Alan Baby and Kids S Parman, Wisata Kuliner Baiman.

"Lima itu pilot projectnya dari sekian banyak titik. Nanti juga termasuk parking on the street atau dipinggir jalan," katanya. 

Sementara itu, Kepala BPKPAD Banjarmasin, Edy Wibowo mengatakan kerja gate parking ini sama halnya dengan tapping box. 

Dengan adanya sistem tersebut, pihaknya mengetahui masuknya PAD dengan langsung terkoneksi ke BPKPAD Banjarmasin. 

"Selama ini pencatatan ada dipihak mereka, nah jadi data ini kita bisa optimalkan PAD kita," ujar Edy. 

Pihaknya menargetkan setidaknya Rp15 miliar PAD Parkir dari 120 titik kamera CCTV VCM (Vehicle counting monitoring) yang telah dipasang pertama seperti Duta Mall 2, RS Siloam, RS Sari Mulia, dan RSUD Ulin. seperti di Duta Mall dan RS Siloam dan RS Sari Mulia 

"Sehingga kita bisa tahu aktivitas keluar masuk kendaraan itu jumlahnya segitu," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya