Pemko Banjarmasin Bakal Perbaiki Akses Jalan Ke Puskesmas Mantuil

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kendati baru saja diresmikan, namun sayangnya akses jalan menuju ke  Puskesmas Mantuil, di Jl. Halinau RT.08 RW.02, Banjarmasin Selatan  itu kurang mendukung. 

Untuk menuju ke puskesmas tsrsebut masih ada jalan yang rusak dan bahkan sulit dilalui kendaraan roda 4. 

Menyikapi itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengaku bakal memperbaiki akses jalan tersebut. 

"Saya memang sempat lihat, dan memang akses jalannya perlu diperbaiki. Mudah-mudahan tahun ini atau tahun depan jalannya bisa diperbaiki," ungkap Ibnu belum lama tadi. 

Apalagi tambah Ibnu, di kawasan itu 1 minggu sekali masyarakat turut menggunakan jalan sebagai pasar malam setiap hari Selasa (Malam Rabu). 

"Makanya puskesmas juga tidak dipagar sehingga masyarakat bisa memakai halaman puskesmas. Tentu juga sebagai promosi kesehatan," tuturnya. 

Tak hanya itu, dengan luasnya halaman puskesmas yang berdekatan dengan Kantor Kelurahan Mantuil itu, masyarakat juga bisa menggunakan untuk sarana dan prasarana kesehatan seperti berolahraga. 

"Kita harap Puskesmas digunakan masyarakat menjadi pusat kesehatan. Jadi tidak harus menunggu sakit datang ke puskesmas, termasuk untuk gerakkan hidup sehat," pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin Suri Sudarmadiyah mengaku sudah mengetahuinya kondisi jalan tersebut. 

Untuk program perbaikan secara menyeluruh alias secara khusus, Suri mengaku sudah memiliki desainnya sejak tahun 2022 lalu. 

“Sebenarnya UPT di bidang jalan dan jembatan sudah melakukan survei. Siapa tahu bisa ditangani sementara," ujarnya melalui sambungan telepon, Kamis (04/05/23). 

Akan tetapi, lantaran kawasan tersebut masuk dalam program penanganan kawasan kumuh, maka penanganannya akan dikoordinasikan ke dinas terkait. 

“Nanti dikoordinasikan dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Perkim),” tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya