Pemko Banjarmasin Terus Pertahankan Predikat Kota Layak Anak

hallobanua.com, BANJARMASIN - Berbagai upaya dilakukan Pemko Banjarmasin untuk mempertahankan predikat Kota Layak Anak (KLA). 

Salah satunya, melalui pelaksanaan verifikasi lapangan dan evaluasi KLA via zoom bersama pemerintah pusat pada Jumat (26/05/2023). 

Kepala Satgas KLA Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman mengatakan, penilaian ini dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia secara hybrid. 

Ikhsan juga (Sekda) Kota Banjarmasin itu juga bilang, dari hasil penilaian mandiri, Kota Banjarmasin menempatkan nilai di 900. 

Menurutnya, nilai itu merupakan nilai tertinggi dalam penilaian dan Banjarmasin pun mengantongi predikat Nindya. 

"Kategori kita Nindya, tapi ada juga setingkat lebih tinggi," katanya. 

Tak hanya itu, dari penilaian mandiri dari pemerintah Provinsi Kalsel kata dia, berdasarkan verifikasi administrasi, Kota Banjarmasin turun menjadi nilai 807. 

Lantas, ia pun meminta seluruh jajaran SKPD yang masuk dalam beberapa cluster, agar segera melengkapi data dukung. 

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Banjarmasin juga mengatakan, rapat dilaksanakan penting untuk memastikan agar pemenuhan dan perlindungan hak anak dapat terpenuhi secara maksimal. 

Mengingat saat ini Kota Seribu Sungai mengantongi predikat Nindya melalui program pemenuhan hak anak di tahun depan. 

"Ada sekitar 32 pemenuhan hak anak yang nantinya secara bertahap akan kita rumuskan, baik yang sudah berjalan maupun yang akan dilaksanakan, di mana hal ini merupakan upaya untuk mewujudkan kota layak anak secara keseluruhan," bebernya. 

Salah satu contoh peningkatan pelayanan hak anak kata dia yakni seperti dibentuknya kampung bermain.
"Ini kan tentu bukan sebuah kebijakan yang searah terkait pemenuhan hak anak, jadi nanti ada hak untuk mendapatkan rekreasi, juga pembelajaran, tentang bagaimana kota ini ingin kita bentuk menjadi kota yang ramah serta ceria bagi anak-anak," pungkasnya 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya