Gelaran Lomba Lansia Tangguh, DPPKBPM Banjarmasin : Wujud Pembangunan Keluarga

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin menggelar 
Lomba Lansia Tangguh, Sabtu (18/6/2023) kemarin. 

Menurut Kabid Keluarga Sejahtera DPPKBPM Banjarmasin, Nurbaiti, kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) yang ke-27 tahun 2023. 

"Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik bagi lansia, mereka mengikuti acara sampai selesai dengan tetap semangat dan bahagia," ungkap Nurbaiti pada Minggu (18/6/2023). 

Dalam kegiatan tersebut ujarnya, para peserta menyampaikan potensi yang mereka miliki. 

"Dan juga tentunya peran apa saja yang mereka lakukan untuk menjadi lansia tangguh," katanya. 

Diketahui, lansia tangguh adalah seorang atau kelompok lansia yang berusia diatas 60 tahun yang mempunyai ciri sehat, aktif, produktif dan mandiri. 

"Aktif dan produktif bertujuan meningkatkan umur lansia dalam keadaan sehat dan kualitas hidup prima," jelasnya. 

Tak hanya itu, dalam rangka memberdayakan lansia, telah dibentuk suatu wadah bagi keluarga lansia dan lansia dalam kelompok kegiatan yaitu Bina Keluarga Lansia (BKL) 

"Bina lansia terbentuk di semua Kelurahan dan terintegrasi dengan Posyandu Lansia," bebernya. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan lansia akan mendapatkan perhatian serius dari semua pihak untuk turut berperan dalam memfasilitasi, memberdayakan dan mengembangkan potensi lansia, untuk menjadi tangguh yang dapat meningkatkan kualitas hidup keluarga dan lansia itu sendiri. 

"Lansia akan merasa lebih bahagia bila hidup dalam lingkungan keluarga, anak, cucu dan akan lebih terawat, terlayani serta terlindungi. Oleh sebab itu keberadaan lansia khususnya lansia tangguh sangat penting bagi terwujudnya pembangunan keluarga," pungkas Nurbaiti. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya