Ibnu Sina Pastikan Stok Hewan Kurban Aman dan Bebas dari Virus PMK

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pastikan stok hewan qurban di Banjarmasin jelang Idul Adha 1444 H ini, aman dan dapat mencukupi kebutuhan. 

Hal itu diutarakannya usai melakukan pemantauan di Rumah Potong Hewan (RPH) di Jalan Tembus Mantuil, Kelurahan Basirih Selatan pada Kamis (22/6/2023). 

Pemantauan itu juga turut dihadiri Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin. 

Menurut Ibnu, pemantauan dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha yang akan jatuh pada tanggal 29 Juni nanti. 

"Untuk di RPH ini ada sekitar 500 ekor sapi yang siap didistribusikan," ucap Ibnu, Kamis (22/6/2023). 

Ia bilang, jumlah itu akan terus meningkat, karena dalam beberapa hari kedepannya akan datang stok sapi yang kebanyakan dari daerah NTB, Kupang, Madura, dan Bali. 

"Jadi dari kebutuhan sapi kita yang tiap tahunnya sekitar 2.600 an, ditahun ini bisa dikatakan ketersediaannya mencukupi," jelasnya. 

Pucuk Pimpinan Kota Seribu Sungai itu juga ingin memastikan bahwa bahwa sapi yang masuk sudah dalam keadaan sehat, juga sudah divaksin dan terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

"Pada intinya kami ingin memastikan saja bahwa stok ini cukup, serta harga juga bisa stabil dan tidak fluktuatif karna memang cadangannya mencukupi," tuturnya. 

Ia pun berharap, stok hewan qurban di Kota Seribu Sungai akan tetap stabil hingga Hari Raya Idul Adha 

"Mudahan-mudahan umat islam yang mau berkorban ataupun untuk pasokan di pasar bisa tetap stabil, sehingga pelaksanaan ibadah qurban tahun ini bisa berjalan lancar," tutup Ibnu. 

Penulis : Januardi/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya