Kerjasama Dengan PUPR, DLH Banjarmasin Aspal Eks TPS Pasar Kuripan

hallobanua.com, BANJARMASIN, - Guna menghindari oknum yang tidak bertanggung jawab kembali membuang sampah, Pemko Banjarmasin melakukan pengaspalan di atas lahan eks Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Kuripan, Kelurahan Kuripan Kecamatan Banjarmasin Timur. 

Sebelumnya, eks TPS Pasar Kuripan, telah ditutup Pemko Banjarmasin. 

Namun rupanya masih saja ada oknum warga yang menjadikan kawasan itu sebagai tempat pembuangan sampah. 

Bahkan, sebelumnya pemko telah melakukan berbagai upaya mulai dari meletakan pot bunga, ditutup dengan plat seng, hingga dipasang CCTV. 

Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Marzuki mengatakan, dengan diaspalnya jalan kawasan itu, merupakan salah satu cara penanganan jangka panjang di kawasan eks TPS Kuripan. 

"Pengaspalan dilakukan oleh jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin. Sederhananya, kawasan itu juga dijadikan bagian dari jalan," ucap Marzuki, Jumat (02/06/23). 

Pria yang akrab disapa Jeck ini menjelaskan, upaya itu sebagai tindaklajut dari rapat koordinasi yang dilakukan pihaknya bersama SKPD terkait tentang penanganan eks TPS Kuripan. 

Menurutnya, sejak TPS itu ditutup, masih saja ada oknum yang membuang sampah di tempat tersebut dan menjadikan kawasan itu seperti TPS ilegal. 

"Bahkan, penjagaan dilakukan petugas gabungan, baik dari DLH dan Satpol PP," ujarnya. 

Jeck pun menegaskan, apabila masih kedapatan ada warga yang membuang sampah di situ, akan ada sanksi yang dijatuhkan oleh Satpol PP. 

"Itu sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku," tuturnya. 

Lantas, bagaimana dengan hasil rekaman CCTV? Apakah sudah bisa dilacak oknum yang kedapatan membuang sampah di situ? 

Sayang, tampaknya rekaman CCTV itu tak bisa digunakan untuk mengidentifikasi, siapa oknum warga yang membuang sampah sembarangan di situ. 

"Gelap, dan agak buram wajahnya. Kami perbesar pun, wajahnya masih tidak begitu kelihatan. Yang jelas cuma gerobak, sepeda atau kendaraannya saja," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya