Penggiat Sosial Halim Sebut Spirit Pengorbanan Idul Adha Bisa Wujudkan Tahun Demokrasi yang Khidmat

hallobanua.com, BANJARMASIN - Perayaan Hari Raya Idul Adha menjadi sebuah spirit yang dapat ditauladani atas pengorbanan Nabi Ibrahim AS. 

Pegiat Sosial Kalimantan Selatan (Kalsel)  dan Inisiator Mambaiki Banua, Saiful Halim menyebutkan ada benang merah antara spirit pengorbanan dalam Idul Adha dengan berjalannya tahun demokrasi di Indonesia. 

Menurut Saiful, kita bisa meneladani kepatuhan, keberanian dan kesabaran serta keikhlasan yang ditunjukkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail 'alaihimussalaam dalam menjalankan ibadah kurban.

Suasana batin dan spiritual yang tinggi akan menjadikan perayaan Idul Adha tahun ini menjadi sangat khidmat. 

Suasana khidmat inilah yang seharusnya mewarnai perjalanan bangsa ini dalam menyambut tahun demokarasi pada Pemilu 2024. 

"Sikap khidmat ini hendaknya senantiasa melekat dalam sikap kita pada bulan-bulan setelahnya saat menyongsong dan menjalani tahun demokrasi. Sehingga suasana yang terbangun adalah suasana persaudaraan dalam khidmat bukan suasana kebencian dan saling bermusuhan," terang Saiful, Rabu (28/6/2023). 

Saiful menyebut, mengorbankan ego pribadi dan golongan adalah salah satu implementasi nyata nilai-nilai Idul Adha agar tahun demokrasi yang kita songsong senantiasa dalam suasana kondusif. 

"Bersama sama kita mengorbankan egoisme yang berlebihan agar pemilu yang adil, jujur, dan bermartabat bisa terwujud," ungkapnya. 

Saiful tak lupa mendoakan agar keberkahan Idul Adha senantiasa membawa kedamaian dan persaudaraan erat baik bagi warga Kalimantan Selatan maupun masyarakat Indonesia seluruhnya. 

Termasuk ia mendoakan jamaah haji asal Kalimantan Selatan dan Indonesia mendapatkan haji mabrur pada puncak haji yang berlangsung hari ini. 

"Kurban itu implementasi nyata saling berbagi tanpa memandang suku, ras bahkan agama. Semua bisa menikmati kurban sebagai wujud kebersamaan. Tidak ada sekat yang kaya dan miskin dan golongan apapun. Saya mengucapkan selamat Idul Adha 1444 H/2023 M semoga pengorbanan yang kita teladani bisa menjadi jalan keberkahan bagi bangsa ini," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya