Ratusan Lansia Terlantar, Dinsos Banjarmasin Terus Salurkan Bantuan Sembako

hallobanua.com, BANJARMASIN - Meringankan bagi para lansia, Pemko Banjarmasin melalui Dinas Sosial setempat kembali menyalurkan bantuan sembako. 

Bantuan sembako dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin itu terus didistribusikan setiap bulannya. 

Kadinsos Banjarmasin, Dolly Syahbana menuturkan, bantuan sembako itu berupa makanan seperti beras, gula, minyak goreng dan susu senilai Rp369 ribu dan disalurakan kepada lansia terlantar melalui RT setempat. 

"Setiap bulan kita berikan melalui ketua RT, Paling banyak ada di wilayah Banjarmasin Selatan," ungkap Dolly, Kamis, (22/6/2023). 

Dolly bilang, sedikitnya tercatat ada sebanyak 269 warga lansia terlantar yang hidup miskin sebatang kara. Atau masih memiliki keluarga namun tidak mampu. 

"Kalau secara keseluruhan yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) totalnya ada 33 ribu jiwa lebih. Kategori usia 60 tahun ke atas," bebernya. 

"Bagi mereka yang sebatang kara, biasanya dimasakan oleh warga sekitarnya, sehingga sudah siap makan," sambungnya. 

Ia tak menampik jika panti jompo yang dimiliki Pemko Banjarmasin menjadi kendala pihaknya untuk melakukan penanganan terhadap lansia. 

"Adanya sebuah aturan yang tidak bisa ditabrak untuk membangun panti jompo. Alhasil, kami membangun shelter atau tempat penampungan di kawasan Rumah Singgah Baiman," ujarnya. 

"Hal itu sebagai solusi tidak adanya panti shelter itulah para orang-orang terlantar, termasuk lansia yang tidak memiliki keluarga akan ditampung," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya