Kejari Tanbu Musnahkan Barbuk Agar Tidak Disalahgunakan, Ini Kasus Mendominasinya

hallobanua.com, TANAH BUMBU – Kejari Tanah Bumbu mengungkapkan perkara narkotika di Bumi Bersujud mendominasi di antara kasus lainnya. Hal ini, terungkap berdasarkan data 137 kasus telah ditangani pihak Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan. 

Hal ini diungkapkan, Kejari Tanah Bumbu, I Wayan Wiradarma, Kasi Intelijen Rizky Purbo Nugroho, Kasi Pidsus A Yopie Budiman, Kasi Pidum Yandi Primanandra pada saat menggelar konferensi pers pemusnahan Barang Bukti (BB) telah memperoleh kekuatan hukum di Halaman Kejari Tanbu, Selasa (12/7/2023). 

Ia menjelaskan, ada ratusan paket sabu beserta timbangan digital, dimusnahkan dengan cara diblender bersama diterjen dan timbangan di potong-potong gunakan gurinda. 

Ada pula senjata tajam, dua senjata api rakitan bersama peluru serta sejumlah pakaian dalam aksi kesajahatan yang dimusnahkan dengan cara dibakar. 

”Hari ini kita memusnahkan barang bukti yang sudah inkrah untuk periode Desember 2022 hingga Juni 2023. Dan kita gelar dua kali dalam setahun,” ujarnya. 

Ia menerangkan, pemusnahan ini dilaksanakan kejaksaan selaku eksekutor dan hari ini memusnahkan barang bukti dengan jumlah 134 perkara terdiri dari perkara narkotika, tindak pidana terhadap orang dan harta benda (Oharda), dan tindak pidana umum lainnya (TPUL). 

“Tujuannya, agar barang bukti tidak disalahgunakan apalagi narkotika karena sangat rentan sekali hingga sering disalahgunakan, diperjual belikan atau dipergunakan petugas saat melihat menumpuknya barang bukti,” katanya. 

Tujuan lainnya, katanya agar barbuk tidak menumpuk, sehingga dilaksanakan pemusnahan 2 kali dalam satu tahun. 

”Harapan saya, tidak adalagi penumpukan barbuk yang inkrah. Bila sudah inkrah bisa segera dieksekusi dimusnahkan, ” katanya. 

Ditambahkan, Kasi BB dan Barang Rampasan, Rhaksy Ghandi. Ia mengatakan, pelaksanaan pemusnaahan ini dilaksanakan sesuai ketentuan. 

” Total sampai Juni 2023 ada sebanyak 134 perkara terdiri dari 77 kasus Narkotika, 31 Oharda dan 26 TPUL dan Kamnegtibum,” imbuhnya. 

ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya