Wujudkan Pemilu Damai, Kirab Pemilu Tahun 2024 Resmi Dimulai

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kirab Pemilu Tahun 2024 resmi digelar KPU Kota Banjarmasin dengan dihadiri langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pada Senin (3/7/2023) di Panggung Siring Balaikota Banjarmasin. 

Dalam acara Kirab pemilu tersebut dirangkai dengan beberapa kegiatan antara lain serah terima bendera Kirab Parpol KPU Kalimantan Tengah kepada KPU Kalimantan Selatan, dilanjutkan dengan pembacaan naskah dan penandatanganan deklarasi Pemilu, serta diakhiri dengan pelepasan balon dan penampilan atraksi jukung sebagai tanda dimulainya Kirab Pemilu di kota Banjarmasin.

Rangkaian acara kirab pemilu 2024 akan berlangsung selama tujuh hari ke depan. Dimulai dari hari ini dengan sosialisasi  dengan susur Sungai Martapura serta membawa seluruh bendera Partai Politik (Parpol). 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin Rusnailah menjelaskan tujuan diadakanya Kirab Pemilu 2024 ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap pentingnya suara masyarakat dalam menyukseskan pemilu mendatang. 

"Kita ingin meningkatkan partisipasi dari masyarakat dalam pelaksanaan pemilu nanti agar masyarakat yang memiliki hak pilih bisa datang untuk memberikan suara karena dari suara mereka benar-benar menentukan arah bangsa ini," ujarnya. 

Selanjutnya, sosialisasi akan menyasar pada lima Kecamatan yang ada di Banjarmasin dengan berkeliling. Sekaligus pembagian selembaran mengenai informasi Pemilu 2024. 

Dengan digelarnya acara kirab tersebut, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina berharap pelaksanaan pemilu 2024 nanti dapat berjalan dengan aman, damai, dan lancar. 

"Semoga pemilu 2024 berjalan lancar, aman dan kondusif, sehingga akan terpilih wakil-wakil rakyat dan juga presiden yang sesuai dengan pilihan rakyat," terang Ibnu Sina. 

"Pada prinsipnya Pemko Banjarmasin siap mendukung dan bekerja sama guna memastikan pemilu yang aman, damai dan lancar," tutupnya.

Secara terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Andi Tenri Sompa berpesan menuju pemilu yang sebentar lagi, diharapkan bisa berjalan damai tanpa ada perpecahan. 

"Tidak ada kekerasan, ancaman dan kita seluruh rakyat Indonesia bisa merasakan kebahagiaan sama untuk memilih pemimpin baru," pesannya.  

Dalam kegiatan tersebut, Andi Tenri Sompa mengungkapkan, Kirab Pemilu 2024 merupakan program Nasional yang diluncurkan oleh KPU RI secara hybrid di beberapa titik di seluruh Indonesia sejak 14 Februari 2023 lalu. 

"Diharapkan kirab ini dapat memberikan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat agar memiliki tanggung jawab yang sama untuk melakukan sosialisasi dan meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2024," ungkapnya. 

"Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat dapat menyambut pemilu (tahun 2024) dengan gembira," sambungnya. 

Untuk diketahui, dalam gelaran kirab tersebut juga dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Kal-Sel, Andi Tenri Sompa, Ketua KPU Kab/Kota se-Kalimantan Selatan, tamu undangan dari KPU Kota Palangka Raya, Pulang Pisau dan Kapuas, sejumlah Kepala SKPD, Camat Se-Kota Banjarmasin, Panitia Pemungutan Suara (PPS) beserta seluruh jajaran terkait. 

Kris/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya