Banjarmasin Terus Sosialisasikan Pentingnya Pengelolaan Air Limbah

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina membuka sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Air Limbah yang digelar oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) bersama dengan Asosiasi Pengelola Air Limbah Domestik (Forkalim). 

Acara ini memiliki tema penting, yaitu "Penyiapan Pengelolaan Air Limbah Domestik Bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum" dan berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 21 hingga 22 Agustus 2023, bertempat di salah satu hotel di Banjarmasin, Senin (21/8/2023).

Ibnu Sina mengatakan Workshop ini sangat penting mengingat mandat undang-undang terkait pengelolaan air limbah. 

Walaupun Banjarmasin memiliki fasilitas pengelolaan air limbahnya sendiri, namun demikian, daerah lain juga memiliki tanggung jawab serupa untuk memastikan pengelolaan air limbah yang efektif. 

"Oleh karena itu, proses pembelajaran yang berfokus di Banjarmasin menjadi acuan bagi daerah lain dalam upaya pengelolaan yang efisien," ucap Ibnu Sina.

Ia berharap dari hasil workshop ini dapat meningkatkan kesiapan dalam pengelolaan air limbah domestik, termasuk penyediaan air minum yang berkualitas. 

Terlebih, selama ini tarif air limbah hanya mencakup sekitar 25% dari tarif Penyediaan Air Minum (PAM) yang sudah berjalan di Banjarmasin.

"Maka dari itu, perlu upaya maksimal dalam meningkatkan pengelolaan air limbah, karena sanitasi air limbah yang baik merupakan pondasi penting untuk menjaga kesehatan kota," tegasnya.

Kemudian, orang nomor satu di Banjarmadin itu mengungkapkan bahwa Banjarmasin memiliki target untuk meningkatkan kapasitas layanan air limbah domestik. 

Saat ini, kapasitas layanan air limbah hanya mencakup sekitar 7 ribu pelanggan dari total 17 ribu yang ada, yang menandakan masih adanya potensi untuk peningkatan layanan yang signifikan.

"Salah satu tantangan utama adalah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya perawatan dan pembuangan air limbah yang baik," terangnya.

"Air limbah bukanlah perkara yang terlihat oleh banyak orang, namun hal ini merupakan kewajiban bagi setiap rumah tangga. Pemerintah setempat telah menyiapkan layanan air limbah yang baik, dan sekarang saatnya bagi masyarakat untuk berlangganan layanan ini," tutup Ibnu.

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya