Dorong Sektor Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Yakin Banjarmasin Jadi Kota Kreatif Nasional

hallobanua.com, BANJARMASIN - Workshop Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia Tahun 2023 di Kota Banjarmasin, berlangsung di Aula Kayuh Baimbai, Balaikota, Kamis (03/08/2023) kemarin. 

Kegiatan itu pun langsung dibuka Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan dihadiri Adyatama Direktorat Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf RI, Tiurma Simanjuntak serta Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin dan Hj Siti Wasilah. 

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sina menyambut baik hadirnya Workshop tersebut. Ia pun berpesan agar para peserta dapat menyerap materi yang dipaparkan oleh narasumber. 

"Ajak diskusi narasumber-narasumber hebat kita yang ada disini, tentu ide-ide yang berkembang dalam workshop ini nantinya akan banyak sekali," ucap Ibnu Sina. 

Ia pun berharap, dengan adanya workshp ini para pelaku usaha dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat, untuk kemajuan kota Banjarmasin. 

Diketahui, pada malam hari kegiatan workshop, juga turut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. 

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno mengatakan, dengan adanya ekonomi di Kota Banjarmasin, pihaknya yakin dapat menguatkan sistem ekonomi. 

"Tentunta dapat membuka lapangan pekerjaan yang luas dan akan memantapkan posisi Banjarmasin sebagai Kota Kreatif Nasional," ujar Sandi. 

Provinsi Kalsel kata dia merupakan provinsi mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA). Ia pun berharap kekuatan ekonomi kreatifnya bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja dengan target 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024. 

Terpisah, Adyatama Direktorat Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf RI, Tiurma Simanjuntak memaparkan, dari 514 Kabupaten/Kota yang tersebar di seluruh Indonesia, 118 diantaranya masuk dalam ekosistem Kabupaten/Kota Ekonomi Kreatif. 

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa ada 30 Kabupaten/Kota yang dinobatkan sebagai Kabupaten/Kota Kreatif di Indonesia termasuk Kota Banjarmasin. 

"Dengan potensi sub sektor ekraf berupa kriya, kuliner, fashion dan musik, kami mendorong kota Banjarmasin agar dapat mengembangkan sub sektor ekraf unggulan sebagai Creative City Dream," ungkap Tiurma. 

"Sehingga harapan kita bersama kota Banjarmasin dapat berjejaring sebagai kota kreatif di tingkat nasional maupun global," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya