Jembatan Tembus Mantuil Ditarget Selesai Pada Desember 2023

hallobanua.com, BANJARMASIN - Usai dilakukan pembebasan lahan beberapa bulan lalu, PUPR Kota Banjarmasin mulai melakukan pembangunan Jembatan Tembus Mantuil, Kelurahan Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

Menurut Sekertaris Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Thomas Sigit Mugiarto, saat ini progres pembangunan masih di bawah 10 persen. 

"Kita masih menunggu material datang. Namun sudah dipancang di titik abutment di sebelah arah ke rumah sakit, baru selanjutnya di sebelahnya," ungkap Sigit beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut, guna mengurai kepadatan arus lalu lintas, sigit menuturkan jika jembatan yang jadi akses utama warga Mantuil itu akan dibangun kembar sesuai dengan desain keseluruhan. 

Akan tetapi, untuk tahap pertama dengan pagu anggaran Rp15 miliar, hanya bisa merealisasikan pembangunan pada 1 jembatan saja. 

"Jadi jembatan lama masih kita fungsikan untuk arus lalu lintas selama pembangunan jembatan sisi kiri dibangun hingga tidak ada pengalihan arus lalu lintas terkecuali terhambat adanya pengiriman material," jelasnya. 

Lalu, setelah dianggarkan kembali lanjutnya, baru jembatan lama itu akan dibongkar untuk pembangunan selanjutnya. 

"Namun yang jelas realisasinya masih menunggu kemampuan keuangan cukup dan sesuai skala prioritas yang telah ditentukan. Kita lihat nanti karena masih banyak prioritas lain, sudah dibangun satunya itu sudah meningkatkan fungsi arus di Mantuil," tuturnya. 

Terkait pembebasan lahan di kawasan pembangunan jembatan itu. Ia bilang masih ada yang belum karena terbatasnya anggaran. 

Oleh sebab itu, pembebasan lahan akan kembali diusulkan di anggaran perubahan sekitar Rp16 miliar pada sisi arah menuju RSUD Sultan Suriansyah untuk pelebaran jalan. 

"Pas di belok itu ada penyempitan jalan hingga menyebabkan perlambatan lalu lintas. Hingga nanti dibebaskan dan dianggarkan sesuai perhitungan," pungkasnya. 

Sigit menargetkan, pengerjaan pada jembatan yang tengah berjalan saat ini akan selesai di bulan Desember mendatang, hingga awal tahun 2024 nanti. 

"Insyaallah jembatan tersebut sudah bisa dilintasi dan dimanfaatkan masyarakat setempat," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya