497 Orang Ikuti Baayun Maulid di Masjid Sultan Suriansyah

hallobanua.com, BANJARMASIN - Meriahkan bulan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, ratusan warga Banjarmasin mengikuti kegiatan Baayun Maulid yang digelar di halaman Masjid Sultan Suriansyah, di Jl. Kuin Utara, Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara pada Rabu pagi  (27/9/2023).

Tak hanya itu, kegiatan digelar Disbudporapar Banjarmasin itu juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke 497.

Kegiatan langsung dibuka Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Ketua TP PKK Banjarmasin, Hj. Siti Wasilah.

Terlihat, kedunya turut mengikuti tradisi tahunan tersebut disaksikan beberapa SKPD lingkup Banjarmasin serta Forkopimda Banjarmasin.

Menurut Ibnu, tradisi Baayun Maulid ini merupakan tradisi yang sudah ratusan tahun usianya dan terus dilakukan masyarakat Banua.

"Setiap peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad Saw, di bulan Rabiul Awal. Tahun ini dilaksanakan di Kuin Utara karena disini adalah Desa Wisata Indonesia pada tahun 2023," ujar Ibnu Sina.

Tradisi baayun maulid ujar Ibnu tentunya mengajarkan suri tauladan baginda Nabi besae Muhammad SAW.

"Sejak kecil anak-anak itu sudah di sholawati, dan diberikan dzikir. Mudah-mudahan tumbuh kembangnya menjadi anak soleh dan sholehah," tuturnya.

Dilaksanakan di Masjid bersejarah di Banjarmasin yakni Masjid Sultan Suriansyah, kata Ibnu, kegiatan diikuti sebanyak 497 peserta se Banjarmasin.

"Cukup banyak sesuai dengan harjad kota, pesertanya 497. Dan paling muda umur 19 hari," kata dia.

Terkahir, dengan adanya event ini, tentu mendukung dan mendorong event pariaiwsata di Kota Seribu Sungai.

"Ini termasuk seni budaya aspek ketigaz yakni Atraksi. Harus ada sesuatu yang menarik untuk orang datang berwisata kesini," tuntas Ibnu.

Diketahui, Baayun Maulid adalah kegiatan mengayun bayi atau anak sambil membaca syair maulid. 

Baayun dilaksanakan untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tanggal 12 Robiul Awal. Tradisi ini dilaksanakan oleh masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, sejak jaman dulu.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya