Apindo UMKM Festival 2023, Dorong Pemulihan Ekonomi dan Kebangkitan UMKM Di Kalsel

hallobanua.com, BANJARMASIN - Apindo UMKM Festival 2023, resmi dibuka langsung oleh Ketua DPN Apindo, Shinta Widjaya Kamdani, Kamis siang (31/8/2023) di halaman Swiss bell Hotel di Banjarmasin.

Pembukaan Apindo UMKM Festival Kalsel itu, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua DPN Apindo, didampingi Ketua DPD Apindo Kalsel, H Surlpriadi.

Sejumlah produk unggulan dari para pelaku usaha binaan Apindo Kalsel ini, dipasarkan di event Apindo UMKM Festival.

Apindo mengajak sekitar 200 UMKM binaannya untuk ikut terlibat memeriahkan gelaran ini.

Sebelumnya, Panitia Apindo UMKM Festival menggelar member gathering dan seminar nasional.

Dalam kesempatan itu Ketua DPN Apindo  Shinta Widjaya Kamdani yang menjadi narasumber dalam member gathering dan seminar nasional itu, mengungkapkan dalam rangka ikut berkontribusi guna mendorong pemulihan ekonomi, Apindo berkomitmen untuk fokus di 4 program prioritas.

Program pertama kata Shinta, terkait masalah ketenagakerjaan. 

"Kami di Apindo terutama dikepengurusan yang baru ini,  terus mencoba bergerak agar harmonisasi ketenagakerjaan dan industri dapat semakin baik kedepannya," tegas Shinta, Kamis (31/8/2023).

Program kedua, yakni soal  UMKM yang juga menjadi perhatian serius pihaknya. Mengingat UMKM masih sangat memerlukan bantuan agar produk mereka bisa bersaing dan mampu menembus pasar global.

Lalu ketiga adalah persoalan investasi. Apindo dalam hal ini sangat berkomitmen untuk membantu pemerintah daerah dalam mendorong banyaknya investasi masuk dari berbagai sektor potensial.

Program terakhir kata Shinta, adalah masalah kebijakan ekonomi. Dalam hal ini Apindo terus berupaya memberikan masukan kepada pemerintah terkait kebijakan apa saja yang cocok untuk diterapkan dalam mendorong ekonomi Indonesia yang semakin maju.

“Bahkan kami juga sedang memperisapkan Road Map Perekonomian. Kalau ini sudah selesai akan kita sampaikan ke pemerintah sebagai bahan masukan dalam pengembangan ekonomi Indonesia kedepannya,” jelasnya

Sementara itu, Ketua DPD Apindo Provinsi Kalsel Dr Supriadi, S.PD MM, mengatakan komitmen pihaknya dalam rangka mendukung suksesnya 4 program prioritas yang digagas oleh DPN Apindo.

"Untuk mendukung program dari DPN Apindo itu, salah satunya melalui even Apindo UMKM Festival 2023 ini dengan melibatkan ratusan UMKM binaan DPD Apindo Kalsel," kata H Supriadi.
Memastikan keberlangsungan para pelaku usaha binaan Apindo Kalsel, Supriadi pun terus mengingatkan dan mengajak kepada pelaku UMKM binaan mereka, untuk memperhatikan kemasan produknya.

"Salah satu komitmen Apindo Kalsel seperti ikut memasarkan langsung produk unggulan UMKM Kalsel ke luar negeri, yakni ke negara Amerika. Maka dari itu, soal packaging ini terus kami pinta supaya betul betul diperhatikan agar UMKM kita naik kelas," terang CEO Adhistama Group ini.

Digelaran ini Apindo Kalsel juga menggelar deklarasi damai bersama para pengurus anggota untuk komitmen dalam ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional menjelang pemilu dan tahun politik 2024.

Sekedar diketahui, dalam even Apindo UMKM Festival 2023 yang digelar 31 Agustus hingga 3 September 2023 di halaman Swis bell Hotel di Banjarmasin kali ini didukung oleh sejumlah mitra kerja, salah satunya Polda Kalsel dan Bank Kalsel.

Tim liputan
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya