BPKPAD Banjarmasin Optimis Target PAD Tercapai Akhir Tahun

hallobanua.com, BANJARMASIN - Hingga triwulan ketiga jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemko Banjarmasin melalui sektor pajak sudah mencapai lebih dari 50 persen.

Pencapaian PAD Pemko Banjarmasin tersebut tidak lepas dari peran serta masyarakat Kota Banjarmasin dan para wajib pajak.

Beberapa waktu lalu, Kepala Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Banjarmasin, Edy Wibowo mengatakan, pendapatan dari sektor pajak yang dicapai Pemko Banjarmasin ada sebesar 51 persen lebih.

Pendapatan tersebut terdiri dari Pajak Hotel sebesar 52 persen atau sebesar Rp 18,1 miliar dari target Rp 32 miliar, kemudian pajak Restoran masih 26 persen, atau Rp 65 miliar dari Rp 255 miliar.

"Sedangkan untuk pajak hiburan dari Rp 41 miliar baru tercapai Rp 10 miliar, atau sekitar 25 persen. Dan untuk pajak reklame yang ditargetkan Rp 13,5 miliar baru tercapai Rp 2,2 miliar atau sekitar 17 persen," paparnya.

Tak hanya itu, beberapa objek pajak yang lain seperti Penerangan Jalan Umum (PJU) sudah mencapai 56 persen dan pajak Parkir yang baru 39 persen.

Meski beberapa sektor pajak tersebut berjalan perlahan, ia meyakini di akhir tahun nanti PAD dari sektor pajak bisa dicapai meski tidak 100 persen.

Edy mengaku hingga sampai saat ini pihaknya masih kesulitan untuk melakukan penarikan pajak sarang burung walet.

"Target kita di sarang burung walet ini paling kecil yaitu Rp 1,5 miliar. Tapi yang baru bisa kita tarik hanya Rp 77 juta," tuturnya.

Meski seperti itu, pihak BPKPAD akan terus berusaha maksimal untuk memenuhi target yang telah ditentukan.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya