FWE Kalsel Goes To Campus 2023, Ratusan Anak Muda Diajak Untuk Pintar Literasi Keuangan

hallobanua.com, BANJARBARU - Ikut mendorong peningkatan literasi keuangan di Provinsi Kalimantan Selatan, Forum Wartawan Ekonomi (FWE) Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar FWE Kalsel Goes To Campus 2024 yang digelar, Senin (2/10/2023) lalu di Kampus STIE Pancasetia Banjarbaru.

Kegiatan ini  terlaksana berkat dukungan penuh sejumlah mitra kerja, diantaranya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalsel, Bank Kalsel dan Pertamina Patra Niaga.

Narasumber dalam kegiatan ini diantaranya dari OJK Regional 9 Kalimantan yaitu Kepala Bagian EPK OJK Regional 9 Wilayah Kalimantan Biena Hairlambang. Kemudian dari Bank Kalsel dibawakan oleh Kepala Bagian Dana Retail Bank Kalsel Januar Pujiasymi dan Senior Asisten Manager Bagian Dana Retail Septy Farina Ayu. Lalu terakhir dari Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel dibawakan oleh Asisten Penyelia Perkasan Layanan Bank dan Non Bank Nampati Y. Ginting dan Administrator Perkasan Pengolahan dan Pemusnahan Rizki Rahmatullah. Sedangkan yang menjadi moderator adalah Dosen STIE Pancasetia Tina Lestari, SE, MM.

Ketua FWE Kalsel Arief Rahman berharap melalui kegiatan ini anak muda, khususnya mahasiswa dan mahasiswi di STIE Pancasetia Banjarbaru dapat semakin memahami terkait literasi keuangan.

Hal itu penting agar mereka tidak mudah terjebak pinjol, tidak menjadi pelaku dan tertipu investasi bodong hingga dapat mengelola keuangannya dengan baik untuk hal-hal yang sifatnya produktif.

“Dengan demikian mereka tidak terjebak menjadi strawberry generation yang dilihat menarik, tapi rapuh didalam. Namun mampu bertransformasi menjadi generasi tangguh yang siap menjadi bagian indonesia emas pada tahun 2045 mendatang,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Dr. Sutrisno, SE., MM menyambut baik kegiatan yang digelar oleh FWE Kalsel di Kampus STIE Pancasetia Banjarbaru.

“Karena ini sangat baik agar mahasiswa dan mahasiswi kami tidak hanya dijejali berbagai pelajaran dari kampus saja terkait literasi keuangan, tapi juga dapat pengetahuan baru dari lembaga yang terkait langsung terhadap literasi keuangan,” bebernya.

Dirinya pun berharap kedepannya kolaborasi semacam ini dapat terus dijalin oleh STIE Pancasetia Banjarbaru, tidak terkecuali dalam bidang lainnya. Hal itu agar kampus ini dapat terus berkembang dan bertransformasi menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Dilain pihak, Deputi Direktur MS EPK dan Kemitraan Pemda OJK Regional 9 Kalimantan Abidir Rahman menambahkan, kegiatan ini tentunya sangatlah bermanfaat untuk semakin mengimbangi presentasi antara akses masyarakat terhadap layanan jasa keuangan dengan literasi keuangan masyarakat.

“Karena selama ini presentasi antara akses masyarakat terhadap layanan jasa keuangan dengan literasi keuangan masih ada perbedaan yang cukup jauh. Makanya masih rentan terhadap berbagai masalah terkait masalah jasa keuangan maupun industri keuangan, khususnya yang ilegal,” tuturnya.

Tidak berbeda, Kepala Divisi Dana dan Digital Banking Bank Kalsel Suriyadi mengaku senang dengan adanya kegiatan semacam ini. Salah satunya sebagai bentuk konkrit dukungan Bank Kalsel dalam mengkampanyekan gerakan pandai literasi keuangan, salah satunya dalam hal menabung.

“Kita berharap melalui kegiatan ini anak muda dapat semakin memahami terkait literasi keuangan agar mereka bisa menjadi generasi gemilang kebanggaan banua dan bangsa,” tukasnya.

Tim liputan
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya