Puluhan Peserta Simak Pelatihan Akses Permodalan Bagi Pelaku UKM Tanbu

hallobanua.com, TANAH BUMBU - Puluhan peserta mengikuti pelatihan akses permodalan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Ada 30 partisipan peserta menyimak pembekalan dari Diskumdagri Tanah Bumbu berlangsung di Guest House Sunrise Kecamatan Simpang Empat, Kamis (5/10/2023) tadi.

Kepala Dinas Kumdagri Tanbu, Halamuddin Tahir melalui Kabid Konsumsi dan Usaha Mikro Erna Kalsum mengatakan, pelatihan akses permodalan bagi pelaku UKM dalam rangka meningkatkan sumber daya dan pendapatan pelaku UKM di Bumi Bersujud.

“Untuk peserta, ada sebanyak 30 pelaku UKM di tujuh Kecamatan se-Tanbu. Yaitu Kecamatan Kusan Hulu, Kusan Hilir, Kusan Tengah, Batulicin, Simpang Empat, Mantewe dan Karang Bintang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, tujuan pelatihan untuk memberikan bimbingan, pengetahuan, dan wawasan bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

“Harapannya, melalui pelatihan ini, pelaku usaha di Tanbu dapat menggunakan modal serta mengelolanya dengan baik. Karena modal usaha merupakan pondasi penting dalam mengembangkan usaha,” ujarnya.

Untuk diketahui, narasumber pada pelatihan akses permodalan bagi pelaku UKM yakni dari Perbankan yakni BSI dan Bank Kalsel. Selain itu, narasumber juga dari Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Kalimantan Selatan.

Staf Khusus Bupati Bidang Koperasi UMKM, H Mamang menyampaikan banyak UMKM saat ini bertumbuh kembang seperti jamur kemudian menghilang. Hanya mengikuti trend yang terjadi tanpa bersungguh-sungguh.

Menurut Mamang, UMKM harus memiliki karakter usaha yang konsisten dan punya daya saing yang kuat.

Selain itu, Mamang berpesan agar administrasi keuangan usaha tidak bercampur dengan keuangan rumah tangga.

Sementara itu, Jamilatun salah satu peserta yang juga pelaku usaha mengatakan permodalan sangatlah penting untuk pengembangan.

“Saya mengikuti pelatihan ingin mencari ilmu dan menambah wawasan untuk bisa mengembangkan usaha serta sharing sebagai pelaku usaha,” imbuhnya.

Penulis : agus
Tanah bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya