Datangi Sekolah di Banjarmasin, Ini Upaya DP3A Sosialisasi Pencegahan Prilaku Bullying

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin terus melakukan program pencegahan kasus perundungan atau Bullying di Banjarmasin.

Salah satunya dengan mendatangi sekolah-sekolah di Kota Seribu Sungai untuk menggandeng para peserta didik, dalam pencegahan perilaku tidak terpuji tersebut.

Kepala DP3A Banjarmasin, Muhammad Ramadhan mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya melakukan kunjungan ke SMPN 3 Banjarmasin untuk mengisi sosialisasi dengan tema 'Stop Bullying dan Kenakalan Remaja'.

"Rutin kita lakukan hal seperti ini, 2 atau 3 lokasi dalam satu minggu, baik SD atau SMP, selain juga atas permintaan pihak sekolah," ujar Ramadahan, Sabtu (04/11/20230) kemarin.

Menurut Ramadhan, diantara upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah bullying adalah  memperkuat pemahaman agama serta melakukan komunkasi yang baik dalam keluarga.

"Itu untuk mengembangkan kecerdasan emosional, mengembangkan kepercayaan diri, dan bijak dalam menggunakan gadget," kata dia.

Bagi pihak sekolah ujarnya, juga dapat berkontribusi dengan membuat program kebijakan pencegahan perilaku bullying.

"Itu dapat membangun komunikasi efektif antara guru dan murid, menciptakan suasana lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan kondusif. Serta juga menyediakan bantuan kepada murid yang menjadi korban bully, hingga melakukan pertemuan berkala dengan orangtua atau komite sekolah," pungkas Ramadhan.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya