Pasca Jalan Titian Ambruk, Disperkim Berjanji Akan Lakukan Perbaikan Keseluruhan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Ambruknya titian beton di Gang Gusti Galuh, Jl. Panglima Batur, RT. 6 RW. 1, Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara, langsung direspon cepat oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin.

Saat dikonfirmasi hallobanua.com, Kepala Disperkim Banjarmasin, Chandra Iriandi Wijaya, mengaku sudah mengetahui peristiwa itu. 

Bahkan, sebelum terputusnya jalan tersebut kata dia, pihaknya sebenarnya sudah melakukan pengecekkan kondisi titian tersebut.

"Kami sudah pernah cek seminggu yang lalu, saat itu kondisi titian memang sudah memprihatinkan dan sudah putus," ungkap Chandra melalui sambungan telepon, Sabtu (04/11/2023).

"Bahkan sudah kami pasang rambu dilarang melintas bagi warga, dan harus memutar," sambungnya.

Namun, pada Jumat (03/11/2023) petang kemarin, disaat hujan deras dan angin kencang, membuat titian jalan tersebut ambruk.

Ia mengungkapkan, jika jalan titian tersebut telah dibangun pada tahun 2016, bantuan dari Kementrian program PLPBK (Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas).

"Terakhir, kondisi titian juga sudah kami tinjau lagi 3 hari yg lalu oleh Bidang Permukiman bersama konsultan perencana," ujarnya.

Chandra bilang, putusnya akses titian lantaran bentang jarak antara tiang penyangga yang satu dengan tiang yang lainnya terlalu jauh.

Tak hanya itu, disamping kondisinya yang tua, amblesnya titian ujarnya juga pengaruh dari posisi titian yang berada di tumbukan sungai.

"Posisinya juga di belokan sungai. Apalagi suai-suai juga banyak yang hilang, jadi tidak stabil lagi. Kemudian bentang tiangnya yang jaraknya sampai 2 meter. Jadi memang kondisinya harus dibangun kan lagi, dengan bentang penyangganya 1 meteran" jelasnya.

Rencananya pada awal tahun 2024 mendatang, pihaknya akan membangun ulang jalan titian tersebut kurang lebih 200 meter.

"Sudah menjadi perhatian Dinas Perkim untuk menindaklanjuti perbaikannya. Jadi titian dengan konstruksi lantai beton ini akan dibangun kembali di awal tahun 2024, sepanjang sekitar 200 meter. Jadi sementara warga yang terdampak, dibangunkan titian kecil dan kita arahkan memutar lewat jalan alternatif," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya