Isu Sampah di Banjarmasin Masih Jadi PR Besar di Tahun 2024

hallobanua.com, BANJARMASIN - Ada hal menarik dalam gelaran Ngobrol Bareng Masyarakat dan Komunitas (Ngobras) Refleksi Akhir Tahun 2023 Pemko Banjarmasin yang berlangsung pada Rabu (27/12/2023) tadi malam. 

Salah satunya, permasalahan sampah masih menjadi PR besar yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin pada 2024 mendatang. 

Saat live voting dalam kegiatan ngobras tadi malam, persoalan sampah menjadi isu yang paling tinggi yang direspon oleh masyarakat dan komunitas yang hadir.

Bahkan, tiga besar persoalan yang harus dibahas yakni pengelolaan sampah hingga masalah persampahan.

Menyikapi itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pun tak menampik jika Pemko Banjarmasin harus berupaya dengan keras persoalan sampah ini.

"Ini PR kita betul, kita ingin serius untuk menangani sampah di Banjarmasin," ungkap Ibnu, Rabu (27/12/2023) kemarin malam.

Tak hanya itu, menurut Ibnu, perilaku masyarakat  juga yang menjadi faktor utama persoalan sampah di Kota Seribu Sungai.

"Tentu perilaku masyarakat juga menjadi faktor. Makanya ini merefleksikan perilaku masyarakat," ujar Ibnu.

Dirinya mencontohkan, seperti eks TPS di Jalan Kuripan. Meski sejak setahun lalu sudah ditutup, namun masih saja kata dia banyak masyarakat yang masih membuang sampah disana.

"Bahkan TPS ini sudah dihilangkan dan diaspal, tapi masih ada saja yang membuang sampah. Saya tidak ingin menyalahkan siapa-siapa. Tapi jelas upaya pemerintah lebih keras yakni penegakan hukum. Saya sudah minta 6 bulan lalu agar Satpol PP memberikan efek jera," pungkasnya.

Menurut Ibnu, hal itu dilakukan agar masyarakat yang buang sampah sembarangan bisa mendapat efek jera.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya