Usai Safari Jumat, Wali Kota H Ibnu Sina Edukasi Soal Sanitasi Pondok Pesantren

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menjadi Khatib pada pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Raudhatul Huffaz Al-Banjary (Pondok Pesantren Dar 'Ali Al-Banjary) Jalan Pramuka, Komplek Semanda 6, Sungai Lulut, Banjarmasin Timur, Jumat (8/12/2023).

Kemudian, H Ibnu Sina juga turut menyerahkan bantuan uang sebesar Rp. 10 Juta rupiah bagi kemakmuran masjid.

Kegiatan Safari Jumat kali ini sekaligus juga dirangkai dengan peresmian masjid yang telah dibangun sejak tahun 2020 lalu.

Menariknya, dalam kesempatan itu H Ibnu Sina sekaligus memberi edukasi dan ajakan tentang pentingnya sanitasi air limbah kepada masyarakat sekitar terutama kepada para santri-santriwati pondok pesantren Dar 'Ali Al-Banjary.

Terlebih, ujarnya lagi di tahun yang akan datang pemerintah kota akan fokus dalam hal Sanitren atau Sanitasi Pondok Pesantren setelah adanya peraturan daerah atau perda kota Banjarmasin mengenai penyelenggaraan pondok pesantren.

"Supaya lingkungan di sekitar kita ini tidak jorok tapi bersih aman dan nyaman, maka ada baiknya kita menjadi pelanggan dalam hal sanitasi pengelolaan air limbah, menggunakan layanan sedot tinja jika WC kita penuh misalnya," beber Ibnu disela-sela arahan.

"Apalagi terkait persoalan air limbah ini kita terkadang kurang perhatian, padahal kan ada dampaknya, dampak terhadap lingkungan di sekitarnya. Jadi ayo tolong jaga kebersihan karena kebersihan itu sebagian dari iman," tambahnya.

Disisi lain, Ketua Yayasan Ponpes Dar 'Ali Al-Banjary Dr. Dzikri Nirwana menyampaikan rasa syukur atas diresmikannya masjid tersebut oleh Walikota Banjarmasin.

"Alhamdulillah, kami berharap dengan diresmikannya mesjid ini dapat menjadi semangat khususnya bagi kami warga pondok untuk semakin memakmurkan rumah-rumah Allah," ujar beliau.

"Tidak hanya untuk kegiatan ibadah dan amaliyah, tetapi juga sebagai pusat belajar sarana pendidikan bagi anak-anak kami termasuk warga sekitar ponpes ini," tutupnya.

Turut hadir Direktur Perumda PALD Banjarmasin, sejumlah Kepala SKPD, Camat, Lurah beserta jajaran terkait.

Tim liputan
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya