Ditanggung Perusahaan, Zairullah Sepakat Jalan Km 171 Dikembalikan Semula

hallobanua.com, TANAH BUMBU - Jalan longsor Km 171 Desa Satui Barat, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan bakal segera dibangun bulan depan di 2024. Tercatat, ada ratusan miliar telah disiapkan perusahaan terkait.

Dengan demikian, akses semula jalan utama nasional sempat longsor pada 28 September 2022 akan dibangun dengan kondisi lebih kokoh, dan mulus.

Kabar gembira itu disampaikan, langsung oleh Bupati Tanah Bumbu, Abah dr Zairullah Azhar. Ia menjelaskan, jalan Eks Longsor di Desa Satui Barat Km 171 bakal segera diperbaiki usai pemilu bulan depan.

“Seluruh pembiayaan ditanggung PT Arutmin Indonesia dengan perkiraan anggaran sebesar 300 Miliar Rupiah. Masa pengerjaan penimbunan dan pembangunan jalan baru diprediksi butuh waktu 12 Bulan,” kata Bupati Abah Zairullah didampingi Kadiskominfo SP Tanbu, Al Husain Mardani, Kamis (25/1/2024).

Ia memaparkan, ini merupakan dari sejumlah rangkaian pertemuan antara Pemkab Tanah Bumbu dengan Kementrian PUPR dan PT Arutmin beberapa waktu terakhir.

“Jalan Eks Longsor km 171 dipastikan ditimbun dan kembali di bangun dengan mulus,” jelasnya.

Dikatakan, untuk memperlancar proses penimbunan maka jalan alternatif milik Pemkab akan diganti untuk sebagai akses pengangkut material.

Menurut Zairullah, Pemkab tidak dirugikan dalam hal ini. Karena aset tersebut dibeli perusahaan, sedangkan jalan alternatif sementara untuk masyarakat dialihkan dari jalur kiri arah Batulicin menuju Banjarmasin. 

Ada sekitar dua kilometer jalan alternatif juga dibangun PT Arutmin. Zairullah mengungkapkan, alasan mendasar pengalihan kembali jalan 171 karena kenyamanan, dan keamanan pengguna jalan.

“Pasalnya di sekitar jalan alternatif saat ini ada aktivitas pertambangan resmi yang di khawatirkan menggangu kondisi jalan. Sehingga, menjadi keluhan masyarakat pengguna jalan,” jelasnya.

Sebagai pengingat, Jalan Nasional KM 171 Desa Satui Barat, Tanah Bumbu longsor pada 28 September 2022. Akibat longsor ini, sebagian besar badan jalan terputus dan terpaksa ditutup untuk akses angkutan roda empat ke atas.

Pemkab Tanbu kemudian membuat jalan alternatif dari sisi Kanan Jalur Batulicin - Banjarmasin sebagai pengganti jalan utama.

Penulis agus
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya