Ketua DPRD Tala Sarankan Penyaluran Pupuk Harus Diperbaiki

hallobanua.com, PELAIHARI - Keluhan para petani di Kabupaten Tanah Laut seretnya pasokan pupuk bersubsidi dari pemerintah, turut menjadi perhatian dari Ketua DPRD Tala.

"Menurut saya penyalurannya yang perlu diperbaiki. Ini letak permasalahan krusialnya," sebut Muslimin, Ketua DPRD Tala, Senin,  (29/1/2024).

Ia mengatakan Menteri Pertanian (Mentan) RI Amran Sulaiman beberapa waktu lalu telah datang ke Tala meninjau lokasi percepatan tanam di Kecamatan Bati-bati.

Saat itu, sebut Muslimin, Mentan menyatakan akan menambah kuota pupuk untuk petani di Tala. Dirinya meyakini janji tersebut ditepati.

Tak kalah penting selain penambahan kuota pupuk, lanjut Muslimin, adalah aspek penyalurannya kepada petani agar benar-benar tepat sasaran.

"Berapa pun ditambah kuota pupuknya, kalau penyalurannya kurang bagus, ya akan tetap kurang terus," tandasnya.

Karena itu menurutnya pengawasan terhadap penyaluran pupuk bersubsidi tersebut teramat penting dilakukan. Dengan begitu pupuk mengalir kepada petani dan sesuai peruntukkan.

Di lapangan dikatakannya kadang kerap terdengar pupuk subsidi beralih ke kebun tanaman perkebunan yang tidak menjadi sasaran pupuk subsidi.

Hal tersebut yang kemudian juga kian turut menyebabkan kurangnya pupuk subsidi untuk petani yang membudidayakan komoditas tanaman pangan dan hortikultura.

Dalam kaitan pengawasan pupuk subsidi tersebut, Muslimin mengatakan instansi teknis dapat turut mengambil peran tersebut.

Lebih lanjut politisi PDIP Tala ini mengatakan tahun ini Pemkab Tala juga telah menyediakan alokasi anggaran untuk membantu menyediakan pupuk untuk petani.

"Pupuknya jenis pupuk hayati yang ramah lingkungan. Harapannya dapat membantu petani dalam mencukupi kebutuhan unsur hara tanaman yang dibudidayakan," kata Muslimin.

Sumber : banjarmasinpost
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya