Pembangunan Jembatan Sungai Bilu ke Sungai Jingah Masuk Proses Pembebasan Lahan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas PUPR Kota Banjarmasin sudah mulai melakukan pembebasan lahan terkait mega proyek pembangunan jembatan penghubung dua kelurahan di Banjarmasin. 

Mega proyek Banjarmasin tahun ini bakal membangun jembatan dari di Kelurahan Sungai Jingah Banjarmasin Utara, dan Kelurahan Sungai Bilu Banjarmasin Timur.

Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah mengatakan bahwa pembangunan dilakukan secara bertahap. 

Pada tahun ini, pihaknya akan melakukan pembebasan lahan sekitar 100 persil bangunan di Kelurahan Sungai Jingah Banjarmasin Utara, dan Kelurahan Sungai Bilu Banjarmasin Timur.

"Kami telah mensosialisasikan ke masyarakat yang terdampak disana," ungkap Suri pada Sabtu (07/01/2024).

Dilanjutkan Suri, pembebasan lahan pertama dilakukan di kawasan Sungai Jingah. Saat ini ujarnya sudah dilakukan pemetaan untuk menentukan nilai oleh tim appraisal.

Untuk pembangunan proyek tersebut yakni dengan anggaran sekitar Rp 120 miliar.

"Jembatannya memiliki lebar sekitar 12 meter dengan pondasi girder beton. Penganggaran kami melakukan pengusulan ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah pusat," jelas Suri. 

Sedangkan pembebasan lahan sendiri lanjutnya, akan dilakukan ke Kelurahan Sungai Jingah terlebih dahulu, karena dinilai siap. 

Dimana pembebasan lahan juga pihaknya akan didampingi langsung oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarmasin untuk memenuhi proses pelaksanaannya.

"Pelaksanaan ini harus dilakukan step by step butuh proses," pungkasnya.

Sebelumnya, rencana proyek pembangunan jembatan penghubung antar dua kelurahan itu direncanakan pada 2018 lalu. Akan tetapi saat itu ujarnya masih ada kendala pelaksnaan pengerjaan sehingga rencana terskebut kembali  dilanjutkan di 2022 untuk reviewnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya