Dari 2.116 Jumlah Warga Binaan di Lapas, 900 Napi Saja Menyoblos

hallobanua.com, BANJARMASIN - Ratusan warga binaan dan tahanan di lapas Kelas IIA Banjarmasin, di Jalan Sutoyo S Banjarmasin Barat, turut salurlan hak suaranya di Pemilu 2024 ini.

Bahkan, di Lapas Teluk Dalam tersebut, disediakan 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk 900 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdata.

Uniknya, TPS disana mengangkat tema Strata Pendidikan dan terlihat dihiasi berbagai suasana seperti di sekolah. Baik tinggat SD, SMP hingga SMA

Kakanwil Kemenkumham Kalsel, H Faisol Ali mengatakan, diambilnya tema sekolah ini karena dari pendidikan ini menentukan nasib generasi akan datang.

"Kenapa tema ini diambil? Paling tidak mengingatkan kembali kalau pendidikan paling mudah itu, di sekolah. Dan konsep dasar kita yakni keluar dari lapas tidak buta hurup," ujarnya.

Tak hanya itu, Faisol juga berkesempatan menggunakan hak suaranya di lapas Kelas IIA Banjarmasin tersebut.

"Kami memantau dan juga menentukan pilihan disini. Mudah-mudahan pelaksanaan pemilihan ini berjalan tertib, aman dan terkendali," harapnya.

Sementara itu, Kalapas Kelas II A Banjarmasin, Faozul Ansori mengatakan jika sebenarnya jumlah narapidana dan tahanan di lapas Teluk Dalam itu sebanyak 2.116 penghuni.

Dari DPT yang didata pada saat bulan Juli 2023 itu yakni sebanyak 1.300 orang. Namun, jumlahnya berkurang karena ada yang sudah bebas maupun pindah, membuat data tersebut turun menjadi 900 orang.

"Jadi yang terekam waktu itu 1.300, karena banyak yang bebas dan pindahan, jadi pada hari ini tinggal 900 DPT," kata dia.

Seluruh warga binaan kata dia akan diakomodir dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Lapas Kelas IIA Banjarmasin ini.
 
Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya