Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Bakal Tertibkan APK

hallobanua.com, BANJARMASIN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pada Pemilu Tahun 2024 di halaman Balai Kota Banjamasin, Rabu (07/02/2024).

Kegiatan langsung dihadiri Ketua Bawaslu Kalsel, Aris Mardiono beserta jajaran, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan jajaran Forkopimda Kalsel.

Aris Mardiono mengatakan, apel siaga digelar untuk menyatukan langkah dan semangat dalam menghadapi tahapan puncak pemilu 2024.

"Masuk masa tenang dan pungut hitung. Karena kita ketahui masa kampanye tinggal 3 hari lagi, kita minta jajaran kami agar lebih siaga," ujar Aris kepada awak media, Rabu (07/02/2024).

Siaga menurut Aris untuk melakukan pengawasan di lapangan terhadap semua aktivitas kampanye untuk memastikan bahwa semua taat prosedur.

"Serta mencegah adanya politik uang hingga pelanggaran lainnya," tuturnya.

Menjelang masa tenang nanti, ia mengatakan jika pihaknya bakal melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK).

"Karena masa tenang itu segala macam bentuk kampanye itu dilarang. Sehingga untuk menjaga ketenangan pemilih dalam menentukan pemilih, itu tidak terganggu dengan aktivitas itu," tuturnya.

Pada masa pungut hitung ujarnya, pihaknya juga bakal menyiagakan pasukan di lapangan. Agar petugas pengawas pemilu di lapangan semangat untuk mewujudkan pemungutan suara adil dan tepat.

"Agar tercipta penghitungan sesuai prosedur yang tepat, tapi juga tidak diwarnai kecurangan yang menciderai proses demokrasi," pungkasnya.

Terakhir, Aris pun berharap para petugas di lapangan dapat menjaga kesehatan dan mengatur waktu. Agar daya tahan tubuh terjaga dan sehat sampai proses pemilu selesai.

Dalam apel siaga juga dihadiri ratusan petugas dari Bawaslu 13 Kabupaten/Kota di Kalsel.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya