Sembahyang Barongsai, Makna Hoki dan Kesejahteraan di Tahun Baru Imlek

hallobanua.com, BANJARMASIN - Jelang perayaan Imlek atau tahun Baru China yang jatuh pada Sabtu (10/02/2024) besok, Persatuan Liong Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Kalimantan Selatan melaksanakan Sembahyang Barongsai di Klenteng Suci Nurani, di Kelurahan Gadang, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Jumat (09/02/2024).

Ketua PLBSI Kalsel, Nawang Wijayanti mengatakan sembahyang barongsai ini merupakan wujud untuk melestarikan kebudayaan barongsai di Bumi Lambung Mangkurat.

"Karena barongsai ini merupakan budaya yang harus dilestarikan. Karena budaya ini juga memiliki prestasi tersendiri baik skala daerah, nasional dan tingkat dunia," ungkapnya Jumat (09/02/2024).

Tak hanya itu, kegiatan ini ujarnya juga merupakan wujud nyata kerukunan antar umat beragama.

"Jadi kita harus saling menjaga dan menghormati kebersamaan," ujarnya.

Dirinya pun turut mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Kalsel dan Kota Banjarmasin, terhadap dukungan terhadap barongsai bisa menjadi juara nasional dan bahkan internasional.

Sementara itu, Pelatih PLBSI Kalimantan Selatan, Benny Wijaya bilang, jika pihaknya membawa 5 barongsai untuk melaksanakan Sembahyang Barongsai.

"Jadi biasanya sebelum melakukan atraksi atau pertunjukang, barongsai ini sembahyang dulu di klenteng yang ada di Banjarmasin," bebernya.

Tak hanya itu, dengan sembahyang barongsai ini kata dia memiliki makna kelancaran saat pertunjukan.

"Apalagi barongsai ini melambangkan kesejahterahaan, keberuntungan serta hoki atau rezeki. Makanya harus disembahyangkab dulu sebelum tampil," pungkasnya.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua PLBSI Banjarmasin itu pun berharap, tahun baru imlek ini, pihaknya bisa membawa harum nama Kalsel dan Indonesia diajang Internasional.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya