Tahun Ini Pemko Targetkan Nilai SAKIP Naik

hallobanua.com, BANJARMASIN - Meskipun nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2023 mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya, namun usaha menciptakan pemerintahan berkelas dunia (world class bureaucracy) yang mengedepankan peningkatan pelayanan publik yang berkualitas dan terwujudnya pemerintahan yang efektif dan efisien, terus dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin melalui Bagian Organisasi, menggelar pertemuan bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin pada Sabtu (24/02/2024).

Selain dihadiri Sekretaris Daerah Kota Banjaramsin, Ikhsan Budiman, kegiatan tersebut juga dihadiri Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

Bahkan, dalam kegiatan yang digelar di Ball Room Diamond Hotel G’Sign, Banjarmasin, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini secara khusus memberikan arahan  kepada  para kepala SKPD, agar menuntaskan program kerja yang sudah tercatat dalam visi dan misi Pemko Banjarmasin tahun 2021-2024.

Tak hanya itu, Pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini juga meminta agar 3 program prioritas yang merupakan rangkuman 6 butir visi dan 20 butir misi, segera dituntaskan.
"Yang pertama, rehabilitas sungai untuk tempat pariwisata, transportasi dan pengendali banjir. Yang kedua, melahirkan wiro usaha baru berbasis UMKM Banjarmasin. Yang ketiga, pelayanan publik yang cepat dan mudah dengan program Smart City Banjarmsin," ucapnya, saat memberikan arahannya. 

Selain itu, pria yang telah dua priode menjabat sebagai Wali Kota Banjarmasin ini juga berharap, prinsip pelayanan publik yang telah digaungkan untuk terus dipedomani oleh setiap ASN di Pemko Banjarmasin.

"Ingat prinsip pelayanan publik kita. Kalau bisa dipercepat jangan diperlambat. kalau bisa dipermudah jangan dipersulit. Bila bisa selesai hari ini, jangan menunggu sampai besok," tegasnya.

Pencapaian peningkatan nilai SAKIP Pemerintah Kota Banjarmasin, dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan yang cukup baik. Di tahun 2023 lalu, Pemerintah Kota Banjarmasin mendapat penilaian dari Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam hal Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Hasil dari penilaian yang diserahkan menjelang akhir tahun 2023 itu menyatakan  nilai SAKIP Pemerintah Kota Banjarmasin mendapat predikat BB dengan nilai 72,73.

Hal ini tentunya sebuah kebangaan yang patut disyukuri oleh seluruh ASN dan masyarakat Kota Banjarmasin. Pasalnya, tahun 2022 lalu, hasil penilaian SAKIP Pemerintah Kota Banjarmasin mendapatkan predikat B dengan nilai 68,59.

Disampaikan H Ibnu Sina lagi, untuk bisa mendapatkan peningkatan dalam nilai SAKIP, SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin tidak bisa bekerja sendiri. 

Menurutnya, system kolaborasi merupakan sebuah upaya yang harus dipertahankan agar target kinerja bisa tercapai.

"Bahwa SAKIP ini pengerjaannya harus berkolaborasi beberapa SKPD. Pemerintah Kota Banjarmasin tahun lalu juga sudah mengundang Aditia Ganjar untuk memberikan suntikan semangat dan internalisasi yang diawali dengan ASN BerAkhlak," pungkasnya.

Penulis : tim liputan dan rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya