Sampaikan LKJP Walikota Akhir Tahun 2023, IPM Kota Banjarmasin Cukup Tinggi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, didampingi Wakil Wali Kota Arifin Noor telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Akhir Tahun 2023.

LKPJ itu disampaikan dalam Rapat Paripurna Tingkat I, di Aula Rapat Paripurna DPRD Banjarmasin, Senin (25/03/2024) pagi.

Dalam laporannya, Ibnu menyebutkan telah banyak peningkatan dalam segala sektor di Kota Seribu Sungai.

Dan penyampaian LKPJ ini menurut Ibnu maksimal harus dilakukan 3 bulan setelah berakhirnya tahun anggaran.

"Dewan pun memiliki waktu 30 hari untuk memberikan tanggapan, dalam bentuk rekomendasi. Jadi tidak dalam bentuk menerima atau menolak, tapi harus memberikan rekomendasi," ungkap Ibnu Sina, Senin (25/03/2024).

Dari laporan yang disampaikannya, ia mengungkapkan capaian yang diutarakan dalam indikator-indikator makro sudah cukup menggembirakan. Mulai dari pertumbuhan ekonomi Kota Banjarmasin, yang masih diatas rata-rata nasional, yakni ada di angka 5,6 persen.

"Tentu itu akan berpengaruh kepada kesejahteraan masyarakat, sehingga angka kemiskinan dan penganggaran bisa kita tekan," bebernya.

Orang nomor satu di Kota Baiman itu juga menyampaikan, jika angka rasio yang dimiliki Kota Banjarmasin bagus, yakni berada di angka 0,3.

"Karena jika lebih tinggi dari itu, biasanya tingkat kesenjangan antara ekonomi atas dan menengah itu juga tinggi," jelasnya.

Tentunya, pemerataan pembangunan di pinggiran kota juga menurut Ibnu sudah cukup merata. Mulai dari jalan komplek perumahan hingga jalan gang telah merata pembangunan jalan.

"Itu juga sangat berpengaruh kepada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Dan kami berharap ini bisa menjadi indikator positif untuk pembangunan kota Banjarmasin," harap Ibnu.

Terakhir, Ibnu menuturkan jika secara keseluruhan akumulasi, baik itu pertumbuhan ekonomi, daya beli masyarakat, dan tingkat kesejahteraan kesehatan, sudah terakumulasi dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Kita di Banjarmasin sudah diangka 79 koma sekian lah. Saya kira untuk sebuah kota besar itu cukup," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya