Seleksi Paskibraka Kota Banjarmasin Terus Berlanjut, Puluhan Peserta Ikuti Tes Kesamaptaan Dan PBB

hallobanua.com, BANJARMASIN - Seleksi ratusan pelajar dari tingkat SMA sederajat untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada HUT ke-79 Kemerdekaan RI 2024 terus berlanjut. 

Kini seleksi tersebut sudah mencapai tahap keempat yaitu seleksi Kesamaptaan dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Lapangan SKB Mulawarman Banjarmasin, pada Senin (4/3/2024). 

"Kegiatan hari ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan dari seleksi Paskibraka Kota Banjarmasin tahun 2024. Pendaftarannya sudah kita buka sejak setengah bulan yang lalu," terang Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Kota Banjarmasin, H Amy Hasan, mengungkapkan bahwa total awal peserta yang mendaftar seleksi ini ada sebanyak 297 orang yang dibuka langsung oleh Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman. 

"Dari 297 orang tersebut yang lulus berkas administrasi ada sebanyak 198 orang dari administrasi kita lanjut ke tahapan selanjutnya," ungkapnya. 

Ia menjelaskan tahap pertama adalah seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan, dari seleksi tersebut 198 orang yang mengikuti yang lulus mencapai 170 orang. 

Selanjutnya pada tahap kedua yaitu seleksi intelegensi umum, dari 170 orang yang lulus berjumlah 101 orang. Kemudian pada tes kesehatan dan parade, dari 101 orang yang lulus berjumlah 55 orang. 

"Besok pada Selasa (5/3/2024) merupakan tahapan terkhir seleksi yaitu wawancara dan kemampuan minat bakat," katanya.

H Amy Hasan mengungkapkan bahwa jumlah yang dibutuhkan untuk Paskibraka Kota Banjarmasin adalah sebanyak 30 orang dan untuk provinsi sebanyak 6 orang. 

"Jadi total yang kita butuhkan adalah sebanyak 36 orang, dan nantinya 6 orang yang dikirim ke provinsi tersebut akan diseleksi lagi untuk perwakilan kita di Nasional," bebernya. 

Selain itu, ia mengatakan dari seleksi ini, mereka yang sudah melaksanakan tugas sebagai petugas Paskibraka juga nantinya akan dijadikan Duta Pancasila. 

"Jadi kita mencari Petugas Paskibraka Kota Banjarmasin yang berkualitas untuk mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih baik tingkat Kota, Provinsi dan Nasional pada 17 Agustus nanti," ujar H Amy Hasan. 

Dengan dilaksanakannya tahapan tahapan seleksi ini, Ia berharap nantinya dapat terpilih kader kader penerus terbaik untuk mengibarkan Bendera Pusaka Merah Putih. 

"Semoga dapat terpilih kader terbaik untuk mewakili Kota Banjarmasin baik di Provinsi maupun Nasional," pungkasnya.

Penulis krisna
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya