Sidak 13 Sampel Makanan di Pasar Wadai Ramadan, Ini Yang Didapat Dinkes Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Memastikan panganan yang disajikan para pedagang di Pasar Wadai Ramadhan aman untuk dikonsumsi dan terhindar dari zat berbahaya, Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin mengambil belasan sampel makanan maupun minuman.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Kesehatan lingkungan, Kerja, Olahraga, Bidang Kesmas Dinkes Banjarmasin, Umi Kalsum mengatakan, dari ratusan stand yang ada, setidaknya ada 13 sampel yang diambil tim Dinkes Banjarmasin di lapangan.

"Ini rutin kami laksanakan tiap tahun di Pasar Wadai Ramadan. Dan yang kami periksa adalah makanan yang dicurigai," ungkapnya kepada awak media pada Kamis (14/03/2024) tadi.

Ia mencontohkan, pengambilan sampel dilakukan pada makanan berwarna terang.

"Yang kita curigai apakah itu memakai pewarna yang tidak diperbolehkan," ujarnya.

Tak hanya itu, minuman-minuman yang dicurigai pihaknya memakai pemanis buatan, tak luput menjadi sasaran sidak pihaknya.

Beberapa dari 13 sampel yang pihaknya ambil antara lain adalah, ayam goreng, tahu bakso, puding, kemudian kue-kue yang berwarna-warni, es buah, dan lainnya.

"Itu semua kita periksa, dengan pemeriksaan borax, formalin, siklamat, dan rodamin. Dan Alhamdulillah, itu semua negatif hasilnya," bebernya.

Akhirnya para pedagang sudah mengetahui apa saja yang tidak diperbolehkan dalam pengolahan makanan.

Lebih lanjut, jika nanti ada ditemukan yang menggunakan bahan berbahaya. Ia menerangkan pihaknya akan langsung menindaklanjutinya.

"Yang pasti akan kita tegur, lalu berikan pembinaan lebih lanjut. Dan juga melarang untuk menjual dagangannya" pungkasnya.

Terakhir, pembinaan yang akan pihaknya lakukan pun adalah memberikan sosialisasi kembali, terhadap bahan makanan yang mana diperbolehkan, serta yang tidak diperbolehkan.

"Serta juga bagaimana kita menangani makanan yang sehat, dari awal pembuatan sampai penyajian," tutupnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya