Kebun Binatang Mini Jahri Saleh Akan Direlokasi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin berencana merelokasi Kebun Binatang Mini (KBM) Jahri Saleh.

Kepala DKP3 Banjarmasin, Yuliansyah Effendi mengatakan, rencana pemindahan atau relokasi kebun binatang satu-satunya di Kota Banjarmasin itu, atas hasil konsultasi dinasnya bersama Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dalam konsultasi dan Evaluasi, BKSDA menyatakan Kebun Binatang Mini Jahri Saleh atau dikenal dengan Taman Satwa sudah tidak bisa dikembangkan lagi karena berada ditengah kawasan pemukiman.

Tak hanya itu, luasan lahan yang ada tidak memenuhi standar teknis sebagai tempat konservasi satwa juga menjadi poin untuk dilakukannya relokasi.

"Kesulitan ini bertambah karena untuk perluasan sudah tidak bisa dilakukan karena lahan yang habis buat kompleks perumahan," ungkap Yuliansyah belum lama tadi.

Lantas, hal inilah yang membuat pihak Kebun Binatang Mini Jahri Saleh untuk tidak menambah koleksi satwa, walaupun banyak warga yang meminta penambahan koleksi satwa.

"Kita selalu maksimal dengan segala kondisi yang ada, kita selalu berusaha menambah koleksi satwa" kata Yuliansyah.

Oleh karena itu, salah satu pilihan adalah memindahkan lokasi kebun binatang mini ke kawasan pinggiran kota atau lahan yang masih luas.

Ditanya dimanakah lokasi baru untuk pemondahan KBM ini? Yuliansyah enggan mengungkapkan lokasinya.

Namun, dirinya menyebutkan lokasi relokasi adalah tanah milik Pemko Banjarmasin.

"Untuk rencana relokasi ini kita masih berkonsultasi dengan pimpinan, rencananya dan bagaimana" tutup Yuliansyah.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya